Kamis, 09 Februari 2023 10:02

Kemendagri Tunjuk Makassar Jadi Tuan Rumah Hari Otda XXVII

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rapat persiapan peringatan Hari Otda XXVII di Gedung F Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (8/2/2023).
Rapat persiapan peringatan Hari Otda XXVII di Gedung F Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (8/2/2023).

Peringatan Hari Otda XXVII tahun ini merupakan kali pertama diadakan di daerah setelah pandemi Covid-19. Sebelumnya, pada 2019 lalu, Hari Otda XXIII diadakan di Kabupaten Banyuwangi.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI menunjuk Kota Makassar menjadi tuan rumah Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII yang diperingati tiap 25 April.

Melalui Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda), Kemendagri mengadakan rapat persiapan peringatan Hari Otda XXVII di Gedung F Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (8/2/2023).

Dihadiri Asisten I Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Andi Muhammad Yasir, didampingi Kepala Bagian Tata Pemerintahan Aswin, rapat persiapan peringatan Hari Otda XXVII dipimpin langsung Sekretaris Ditjen Otda Kemendagri, Maddaremmeng, didampingi Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah (EKPKD), Deddy Winarwan.

Baca Juga : Pejabat Bupati Wajo Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di Surabaya

Peringatan Hari Otda XXVII tahun ini merupakan kali pertama diadakan di daerah setelah pandemi Covid-19. Sebelumnya, pada 2019 lalu, Hari Otda XXIII diadakan di Kabupaten Banyuwangi.

"Tahun ini kita gelar di Kota Makassar sehingga rapat ini kita adakan untuk melihat sejauh mana kesiapan Pemkot Makassar menjadi tuan rumah Hari Otda XXVII," kata Sekretaris Ditjen Otda Kemendagri, Maddaremmeng.

Ada beberapa rangkaian kegiatan yang diusulkan, seperti upacara peringatan Hari Otda XXVII, malam pentas kreasi budaya dan apresiasi kinerja pemerintah daerah 2023, dan pengumuman hasil evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah (EPPD) 2022.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Setelah rapat hari ini, tim dari Ditjen Otda Kemendagri akan berkunjung ke Makassar melakukan rapat lanjutan bersama Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny).

“Insyaallah Senin pekan depan kami akan datang ke Makassar membahas secara detail acaranya karena inikan baru konsep,” tuturnya.

Rencananya, Hari Otda XXVII di Makassar akan dihadiri seluruh kepala daerah se-Indonesia. Jika tidak ada kendala, akan dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, hingga Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Kepada Sekretaris Ditjen Otda Kemendagri, Maddaremmeng, Asisten I Pemkot Makassar, Andi Muhammad Yasir, mewakili Pemkot Makassar menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah Hari Otda XXVII.

“Hasil rapat hari ini nanti langsung kita laporkan ke Bapak Wali Kota. Yang jelas kami siap menjadi tuan rumah Hari Otda XXVII," ucap Yasir.

Yasir menyampaikan, ada beberapa poin penting dibahas bersama dengan panitia dari Ditjen Otda Kemendagri. Mulai dari tema, logo, hingga rangkaian acara.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

“Tadi ada beberapa usulan tema yang disampaikan pihak panitia, itu juga nanti kita sampaikan ke Pak Wali. Mungkin saja beliau punya usulan. Begitu juga dengan rangkaian acaranya,” tuturnya.

#pemkot makassar #kemendagri #Hari Otonomi Daerah