Senin, 06 Februari 2023 19:12

Rapat Perdana Diskominfo Luwu Utara: Diskusi Strategi Penyebarluasan Informasi di Era Digital

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rapat Perdana Diskominfo Luwu Utara: Diskusi Strategi Penyebarluasan Informasi di Era Digital

Dalam arahannya pada rapat tersebut, Nursalim banyak membahas tentang penyebarluasan informasi dan berita yang menjadi tugas dan tanggung jawab Bidang Humas dan IKP.

RAKYATKU.COM -- Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Luwu Utara, Nursalim, memimpin Rapat Perdana Pelaksanaan Program dan Kegiatan Triwulan Pertama, Senin (6/2/2023), di Ruang Media Center Diskominfo-SP.

Seluruh pejabat struktural, baik eselon tiga dan empat, serta para pejabat fungsional hadir. Dalam arahannya pada rapat tersebut, Nursalim banyak membahas tentang penyebarluasan informasi dan berita yang menjadi tugas dan tanggung jawab Bidang Humas dan IKP.

“Secara genetik, dunia komunikasi dan informasi ini bukan barang baru bagi saya, karena saya juga pernah di Departemen Penerangan (Deppen), sehingga secara konsep saya paham, meski paradigmanya tentu berbeda,” tutur Nursalim, yang juga pernah lama di Deppen ini.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

“Berbicara tentang komunikasi dan informasi, hanya paradigmanya yang berbeda, lalu pengembangannya, kemudian respon kita terhadap dinamika, yang sangat jauh berbeda. Karena saat ini era digital, sehingga saya dengan senang hati datang ke sini,” ungkap dia.

Nursalim menyebutkan, tugas dan tanggung jawab Humas, Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) terhadap distribusi informasi di era digitalisasi seperti saat ini tentu sangat dibutuhkan dalam rangka memberikan pencerahan kepada masyarakat sebagai penerima informasi.

“Saya berharap teman-teman di Humas dan IKP agar terus memproduksi berita sebanyak-banyaknya. Distribusinya harus lancar. Nah, bagaimana strateginya, nanti kita bicarakan khusus dengan teman-teman yang selama ini melakukan peliputan di lapangan,” jelas Nursalim.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

Menurut dia, dimensi pelayanan publik, khusus di sektor Humas dan IKP, masih harus dibenahi lebih baik lagi. Meskipun saat ini program Gelisha masih menjadi program unggulan dalam menjaga sirkulasi pemberitaan pemda, namun tetap masih perlu mendapatkan evaluasi.

“Saat ini, distribusi berita kita meningkat dengan adanya program GELISHA. Namun, ini GELISHA masih perlu kita evaluasi juga, karena kita mau program ini menyentuh sampai ke tingkat paling bawah, tidak hanya sampai kepada tataran pejabat tinggi pratama saja,” imbuhnya.

Tak hanya soal program GELISHA, mantan Kepala BKPSDM ini juga menyinggung keaktifan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada masing-masing perangkat daerah. Ia berharap, PPID juga dapat berkontribusi terhadap publikasi program dan kegiatannya.

Baca Juga : Disdikbud Luwu Utara Santuni Ratusan Yatim Piatu

“Sesuai arahan pimpinan, kita mau aktifkan kembali PPID melakukan publikasi program dan kegiatannya,” jelasnya. Ia juga berharap para Pranata Humas secara berkala berdiskusi dengan teman-teman peliputan agar penyebarluasan informasi bisa lebih ditingkatkan lagi.

“Semua pikiran, hati dan perasaan, bisa kita komunikasikan dengan baik, sehingga turbulensi-nya relatif lebih rendah. Untuk itu, saya minta segera lakukan rapat di tingkat bidang, utamanya teman-teman yang meliput di lapangan agar diberi pencerahan,” pungkasnya.

#pemkab luwu utara