Senin, 06 Februari 2023 09:57

Waspada, Cuaca Ekstrem Intai Sulsel Sepekan ke Depan

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dok
Dok

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini potensi bencana akibat fenomena alam tersebut.

MAKASSAR - Cuaca ekstrem diprakirakan akan melanda sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam sepekan ke depan atau hingga 12 Februari 2023.

Selain Sulsel, ada 18 provinsi lainnya yang diprakirakan akan mengalami cuaca ekstrem selama sepekan ke depan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini potensi bencana akibat fenomena alam tersebut.

Baca Juga : Gempa Magnitudo 4,6 Guncang Kepulauan Selayar Sulsel

Cuaca ekstrem ini diakibatkan tiga Bibit Siklon Tropis. Pertama, Bibit Siklon Tropis 94S yang terpantau berada di Samudra Hindia sebelah barat daya Bengkulu, dengan kecepatan angin maksimum 30 knot, dan tekanan udara minimum 1000.2 mb. Sistem ini bergerak ke arah timur tenggara dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada dalam kategori sedang.

Kedua, Bibit Siklon Tropis 97S yang terpantau berada di Samudra Hindia Selatan NTB dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1002.8 mb. Sistem ini bergerak ke arah tenggara dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori Rendah.

Ketiga, Bibit Siklon Tropis 95S yang terpantau berada di Samudra Hindia sebelah Selatan Banten dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1004.2 mb. Sistem ini bergerak ke arah Barat dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada dalam kategori Rendah.

Baca Juga : Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Palu, Sulawesi Tengah

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, kemunculan tiga bibit siklon tropis ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis.

Sementara itu, Deputi Meteorologi Guswanto mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk siap-siaga dan waspada menghadapi cuaca ekstrem akibat kemunculan tiga bibit siklon tropis ini dengan memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.

Pemerintah juga diminta melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan secara lebih masif.

Baca Juga : Prediksi BMKG, El Nino Bertahan hingga Akhir Tahun 2023

"Melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh serta menguatkan tegakan/tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang. Khusus yang berada di wilayah lereng pegunungan dan bukit waspadai tanah longsor, dan yang berada di daerah aliran sungai waspada banjir bandang,” ucapnya.

Berikut 19 Provinsi yang berpotensi cuaca ekstrem hujan lebat hingga 12 Februari 2023 mendatang:

1. Aceh
2. Sumatera Utara
3. Banten
4. Jawa Barat
5. Jawa Tengah
6. Jawa Timur
7. Bali
8. Nusa Tenggara Barat
9. Nusa Tenggara Timur
10. Kalimantan Tengah
11. Kalimantan Timur
12. Sulawesi Utara
13. Sulawesi Tengah
14. Sulawesi Selatan
15. Sulawesi Tenggara
16. Maluku Utara
17. Maluku
18. Papua Barat
19. Papua

#bmkg #cuaca ekstrem