Kamis, 02 Februari 2023 15:38

Tangani Genangan di Jalan Hertasning, Dinas PUTR Bersihkan Saluran Drainase

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tangani Genangan di Jalan Hertasning, Dinas PUTR Bersihkan Saluran Drainase

“Kondisi saat ini sudah tidak banjir lagi. UPT sudah membersihkan saluran drainase karena ini penyebab air tergenang di jalan,”

RAKYATKU.COM, MAKASSAR — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan pembersihan saluran drainase, Jalan Hertasning, Rabu, 1 Februari 2022.

Pembersihan ini merupakan upaya pemerintah provinsi, untuk menangani genangan air yang diakibatkan oleh tidak mumpuninya saluran yang tersedia dalam menahan debit air.

Kepala Bidang Marga Dinas PUTR Sulawesi Selatan, Irawan Dermayasamin Ibrahim menuturkan bahwa pembersihan saluran drainase membuahkan hasil positif bagi pengguna jalan dan masyarakat sekitar. Hal ini dibuktikan dengan berkurangnya air yang tergenang.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Bahtiar Ingin Perjalanan Arus Mudik di Sulsel Berjalan Lancar

“Kondisi saat ini sudah tidak banjir lagi. UPT sudah membersihkan saluran drainase karena ini penyebab air tergenang di jalan,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan bahwa persoalan ini merupakan pengingat bagi pemerintah dan masyarakat terkait pentingnya manajemen tata kelola air.

Tak habis akal, ia juga menyampaikan bahwa pihaknya akan menender penyusunan Detail Engineering Design (DED) demi kenyamanan masyarakat.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

“Sumber masalahnya adalah drainase di bahu jalan. Oleh karena itu, kami akan membahas lebih lanjut terkait DED penanganan area Areopala,” ujarnya.(*)

Diketahui, genangan di musim penghujan selalu menjadi masalah di perkotaan, dan salah satu dampak dari genangan air tersebut adalah kerusakan jalan. Adapun saat ini di atas saluran drainase terdapat banyak lapak-lapak liar

Terkait Hertasning dan Aroepala, ruas ini adalah jalan Provinsi yang menjadi akses menuju kabupaten Gowa dan Maros yang saling terhubung dari Hertasning - Aroepala - Tun Abdul Razak - HM Yasin Limpo - Burung-Burung menuju Bili - Bili atau menuju ke Carangki.

Baca Juga : 10.000 Orang Hadiri Buka Puasa Akbar Pemprov Sulsel di Bone

“Ruas ini merupakan salah satu ruas LHR tinggi yang menjadi prioritas Bapak Gubernur yang dilakukan penanganan secara bertahap setiap tahun,” lanjutnya.

Selain pemeliharaan oleh UPT jalan jembatan provinsi, tahun 2022 telah terealisasi kurang lebih Rp15 Miliar untuk rekonstruksi Jalan Tun Abdul Razak dan Ruas Jalan Burung-burung.

Tahun ini, 2023 kembali teralokasi Rp44 Miliar untuk segmen rusak berat di Jalan HM Yasin Limpo, Burung Burung - Bili Bili dan Carangki, sedangkan untuk segmen ruas Aroepala dan Hertasning tahun 2023, telah diantisipasi dan teralokasi penyusunan kajian DED untuk rencana rekonstruksi tahun 2024 sebagaimana dibahas pada saat penyusunan belanja.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Dukung Gerakan Sedekah Pohon

Tapi pada kenyatannya, genangan yang akhir-akhir ini terjadi justru memperparah kondisi jalan di segmen tersebut. Oleh karena itu dilakukan penanganan sementara untuk menutup lobang yang berpotensi menimbulkan korban, serta dilakukan pembersihan dan membuka saluran-salurang drainase di sisi jalan untuk mengalirkan air yg tergenang di badan jalan.

“Kami juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Makassar, dan tentu butuh dukungan masyarakat agar pemanfaatan bahu jalan yang tidak sesuai fungsi dan berpotensi mengganggu drainase diminimalkan,” tegasnya.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman