Sabtu, 28 Januari 2023 08:39

Pemprov Sulsel Akan Bangun 11 PSU Arsinum di Kepulauan dan Pesisir

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman.
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman.

Sasaran pembangunan prasarana, sarana, serta utilitas (PSU) air siap minum (arsinum) ini untuk diberikan kepada masyarakat kepulauan, pesisir, dan daerah rawan air minum layak dan aman.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) fokus melanjutkan penyediaan prasarana, sarana, serta utilitas (PSU) air siap minum (arsinum) pada 2023 ini.

Hal ini menjadi program prioritas andalan dari Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Pada 2022 lalu, Pemprov Sulsel telah merealisasikan pembangunan 10 unit PSU arsinum yang tersebar di beberapa daerah di Sulsel.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Menara Masjid Nurul Ilmi Himal SMPPSMADAGA Bone

Ada 10 titik di 8 kabupaten, yakni Pulau Kanalo 2 di Kabupaten Sinjai; Pulau Liukang Loe di Kabupaten Bulukumba; Pulau Libukang di Kabupaten Jeneponto; Desa Mattirotasi di Kabupaten Pinrang; Pulau Salebbo Mattirowalie dan Pulau Podang-Podang di Kabupaten Pangkep; Desa Bonto Borusu dan Desa Menara Indah di Kabupaten Selayar; Pulau Pannikiang di Kabupaten Barru; dan Desa Patongloan di Kabupaten Enrekang.

Untuk 2023 ini, Pemprov Sulsel melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan (Perkimtan) akan membangun 11 unit PSU arsinum.

Empat di antaranya di Kepulauan Selayar, yakni Pulau Bahuluang, Desa Khusus Bahuluang, Kecamatan Bontosikuyu; Pulau Karumpa, Desa Karumpa, Kecamatab Pasilambena; Pulau Latondu, Desa Latondu, Kecamatan Takabonerate; dan Pulau Tarupa, Desa Tarupa, Kecamatan Takabonerate.

Baca Juga : Dewan Adat Saoraja Bone Anugerahi Penjabat Gubernur Bahtiar Gelar Adat Daeng Mappuji

Dua unit akan dibangun di wilayah kepulauan di Pangkep, yakni Pulau Salemo, Desa Mattiro Bombang, Kecamatan Tuppabiring Utara; dan Pulau Saugi, Desa Mattirobaji, Kecamatan Tuppabiring Utara.

Selain itu, akan dibangun di Dusun Pulau Kambuno, Desa Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai; Desa Bonto Jai, Kecamatan Bisappu, Kabupaten Bantaeng; Lingkungan Gusunge, Kelurahan Kalumeme, Kecamatan Ujungbulu, Kabupaten Bulukumba; Dusun Kuri Caddi, Desa Nisombalia, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros; dan Kelurahab Langnga, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang.

"Alhamdulillah, tahun 2022 lalu kita sudah bangun 10 unit arsinum dan masyarakat telah menikmati manfaat dalam mendapatkan air minum yang aman dan sehat. Tahun ini kembali akan dibangun 11 unit arsinum," ujar Andi Sudirman, Jumat (27/1/2023).

Baca Juga : Sambut Kajati Baru Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Bangun Perkenalan Lewat Temu Silaturahmi

Sasaran pembangunan PSU arsinun ini untuk diberikan kepada masyarakat kepulauan, pesisir, dan daerah rawan air minum layak dan aman.

"Kita berharap dengan adanya arsinum ini akan bermanfaat untuk masyarakat kita di kepulauan maupun di pesisir sehingga masyarakat dapat menikmati air minum layak dan aman," katanya.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman