Kamis, 26 Januari 2023 15:15

Fakta Menarik para Kades di Barru yang Baru Dilantik: Ipar Bupati, Rambut Gondrong, hingga TNI

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pelantikan para kepala desa (kades) terpilih berlangsung di menara Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru, Rabu (28/1/2023).
Pelantikan para kepala desa (kades) terpilih berlangsung di menara Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru, Rabu (28/1/2023).

Kepala Desa Ajakkang, Hatmawaty Syam, tak lain adalah ipar dari Bupati Barru, Suardi Saleh, atau adik kandung dari Anggota DPR RI, Hasnahwaty Syam.

RAKYATKU.COM, BARRU - Pelantikan 28 kepala desa (kades) terpilih di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, telah berlangsung, Rabu (25/1/2023). Dibalik momen itu, banyak fakta menarik yang berhasil dirangkum.

Di antaranya, tiga kades terpilih tahun ini merupakan perempuan, yakni Kades Lasitae, Kartini; Kades Cilelang, Perawati Sukiman; dan Kades Ajakkang, Hatmawaty Syam.

 

Kartini merupakan petahana, sedangkan Hatmawaty Syam tak lain adalah ipar dari Bupati Barru, Suardi Saleh, atau adik kandung dari Anggota DPR RI, Hasnahwaty Syam.

Baca Juga : Pemkab Barru Dapat Bantuan Keuangan Rp15,6 Miliar untuk Perbaikan Jalan

Selanjutnya, Kades Galung, Jumardin Jafar, yang banyak menyita perhatian karena tampil beda dengan gaya khas rambut gondrong. Kabarnya ia akan terus mempertahankan rambutnya walau menjabat kembali.

Kades Batupute, Jaharuddin, merupakan seorang prajurit TNI saat dilantik. Dia diketahui betugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) di bawah wilayah Kodim 1405/Parepare. Saat mendaftar sebagai calon kepala desa (cakades), ia mengajukan izin ke atasannya.

Lalu, Awaluddin, Kades Lipukasi, merupakan kakak kandung dari Camat Tanete Rilau saat ini, yakni Akmaluddin. Awaluddin diketahui merupakan seorang ASN Pemkab Barru di instansi Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan.

Baca Juga : USAID Erat-Pemkab Barru Gelar Bimtek 8 Aksi Konvergensi Tekan Stunting

Terakhir, yakni Muhammad Toaha, Kades Nepo. Aktifis dari wilayah utara Barru ini diketahui merupakan kades termuda di antara yang dilantik. Toaha kelahiran 1991.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru