Kamis, 26 Januari 2023 09:09

Kembalikan Kejayaan Sutra, Pj Sekda Sulsel: Jangan Ada Ego Kedaerahan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rapat Koordinasi (Rakor) Program Prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel terkait upaya pemerintah dalam mengembalikan kejayaan sutra di Ruang Rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Sulsel, Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (25/1/2023).
Rapat Koordinasi (Rakor) Program Prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel terkait upaya pemerintah dalam mengembalikan kejayaan sutra di Ruang Rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Sulsel, Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (25/1/2023).

"Kami meminta komitmen seluruh pihak untuk bisa bersinergi. Dua daerah (Wajo dan Soppeng) butuh saling pengertian, tidak ada ego kedaerahan," ujar Andi Aslam.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Aslam Patonangi, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Program Prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel terkait upaya pemerintah dalam mengembalikan kejayaan sutra.

Rakor dihadiri Kepala Dinas Perindustrian Sulsel, Ahmadi Aqil, perwakilan Dinas Perindustrian Kabupaten Soppeng dan Wajo sebagai daerah produksi sutra, serta sejumlah pihak terkait. Rapat digelar di Ruang Rapat Sekda, Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (25/1/2023).

Dalam rapat itu, Andi Aslam meminta komitmen semua pihak untuk bisa bersama-sama bersinergi dalam meningkatkan produktivitas sutra di Sulsel yang telah menjadi salah satu program prioritas pemprov.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Kunjungi Soppeng, Tebar 160 Ribu Benih Ikan di Salomate

"Kami meminta komitmen seluruh pihak untuk bisa bersinergi. Dua daerah (Wajo dan Soppeng) butuh saling pengertian, tidak ada ego kedaerahan. Yang penting kita bikinkan mekanisme pengawasan dan sinergitas antara kita," ujar Andi Aslam.

Terlebih lagi, kata dia, untuk mendukung program prioritas tersebut Pemprov Sulsel akan memberikan dukungan bantuan anggaran untuk pembelian bibit sutra ke Soppeng dan Wajo.

Dengan begitu, kata Andi Aslam, dibutuhkan sinergitas dan pengawasan untuk menyukseskan program ini sesuai dengan harapan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, yakni adanya peningkatan pendapatan yang dapat dirasakan masyarakat.

Baca Juga : Komitmen Pemprov - PKK Sulsel Turunkan Stunting, Kampanyekan Makan Telur untuk Anak dan Ibu Hamil

"Harapan Gubernur ada peningkatan pendapatan bisa dinikmati oleh masyarakat dengan adanya bantuan yang diberikan pemerintah provinsi," ungkapnya.

Sementara itu, Ahmadi, menjelaskan bahwa Gubernur menginginkan agar program ini dapat terus berlanjut. Bahkan, untuk keberlanjutan program ini pemerintah akan memberikan bantuan untuk bahan bibit murbei pada tahun anggaran 2023 ke Soppeng dan Wajo.

"Pak Gubernur inginkan program ini harus lanjut terus menerus. Program ini diharapkan berlangsung dengan sinergitas semua OPD yang bersangkutan, khususnya di tingkat kabupaten/kota," tegasnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Bertekad Jadikan Wajo Pusat Perikanan Air Tawar

Selain membahas pelaksanaan program tersebut, rapat juga membahas terkait mekanisme harga sutra dan bagaimana memasukkan produk tersebut ke dalam etalase e-katalog pemerintah.

#Pemprov Sulsel #andi aslam patonangi