Rabu, 18 Januari 2023 13:02

Wali Kota Parepare Harap Program Rutilahu Baznas Jadi Berkah bagi Penerima

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penyerahan unit rumah tinggal layak huni (rutilahu) oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Parepare di Jalan Titang, Kelurahan Watang Soreang, Kecamatan Soreang, Selasa (17/1/2023).
Penyerahan unit rumah tinggal layak huni (rutilahu) oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Parepare di Jalan Titang, Kelurahan Watang Soreang, Kecamatan Soreang, Selasa (17/1/2023).

Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare memiliki program Bedah Rumah dan Rumah Impian yang diharapkan terus berlanjut. Warga dengan rumah yang tidak layak huni bisa menikmati program tersebut.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, M. Anwar Amir, menghadiri penyerahan unit rumah tinggal layak huni (rutilahu) oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Parepare di Jalan Titang, Kelurahan Watang Soreang, Kecamatan Soreang, Selasa (17/1/2023).

Anwar mengatakan, pihaknya mengapresiasi Baznas atas disalurkannya program rutilahu sehingga terasa berkahnya bagi penerima.

"Program ini sangat luar biasa karena memenuhi standar layak huni. Semoga program ini memberi berkah lebih dan bisa lebih luas lagi penerimanya dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya serta dijadikan tempat mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya," ujarnya.

Baca Juga : Halal Bihalal, Managemen RSUD Andi Makkasau Saling Support Berikan Layanan Berkualitas

Anwar menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare memiliki program Bedah Rumah dan Rumah Impian yang diharapkan terus berlanjut. Warga dengan rumah yang tidak layak huni bisa menikmati program tersebut.

"Kami berharap warga lebih terbuka kepada pemerintah untuk menyampaikan kondisinya, setidaknya melalui lurah atau camat, untuk dapat bisa menikmati program dari Pemkot Parepare," katanya.

Ketua Baznas Parepare, Saiful Anwar, memaparkan salah satu tugas Baznas, yakni menangani masalah kemiskinan, kesejahteraan, dan mendekatkan para muzaki untuk lebih dekat kepada Allah Swt.

Baca Juga : Pemkot Parepare Dukung Percepatan Pemberian Jamsostek bagi Pekerja Rentan dan Miskin

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan pelaksanaan program ini. Ini merupakan salah satu berkah zakat kita semua. Kami tekankan, rumah ini harus dihindarkan dari hal-hal yang tidak berkah," tuturnya.

Sekadar diketahui, adapun mustahik (penerima zakat) kali ini, yakni Zainal yang berprofesi sebagai juru parkir.

Sementara, Wakil Ketua Baznas Parepare, Abdul Rahman, mengungkapkan rutilahu merupakan program nasional dari Baznas. Untuk Parepare, kata dia, ada tiga kuota, yakni Kelurahan Lapadde, Lemoe, serta Watang Soreang, yang semua sudah terealisasi.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Akan Boyong Kadis dan Pengusaha Tinjau IKN

"Sumber dananya dari Baznas RI sebesar Rp60 juta atau Rp20 per unit, dengan durasi pengerjaan 7-10 hari, yang dibantu masyarakat sekitar, Polri/TNI, dan lainnya. Harapan kami semoga rumah ini bisa jadi tempat beristirahat, aktivitas, dan beribadah. Jadikan rumah ini memproduksi pahala dan kebaikan. Jika ada kekurangan akan jadi evaluasi kami agar bisa lebih baik. Ayo bersama-sama berzakat di Baznas," terangnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #taufan pawe #Baznas Parepare