Sabtu, 14 Januari 2023 21:54

Pesta Panen, Rp15 Miliyar Bergulir di Desa Tulung Indah Sukamaju Luwu Utara

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pesta Panen, Rp15 Miliyar Bergulir di Desa Tulung Indah Sukamaju Luwu Utara

"Tulung Indah dengan luas panen 524 hektare itu diperkirakan lebih dari Rp11 Miliyar. Jagung dengan lahan 94 hektare lebih dari Rp2 Miliyar, belum sayuran. Jadi dari dua komoditi ini hampir Rp15 Miliyar bergulir di desa ini," sebut Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani

RAKYATKU.COM -- Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menyampaikan sekira Rp15 Miliyar bergulir di Desa Tulung Indah Kecamatan Sukamaju.

Rinciannya, angka tersebut bersumber dari sektor pertanian tanaman pangan yaitu padi dan jagung.

"Tulung Indah dengan luas panen 524 hektare itu diperkirakan lebih dari Rp.11 Miliyar. Jagung dengan lahan 94 hektare lebih dari Rp2 Miliyar, belum sayuran. Jadi dari dua komoditi ini hampir Rp15 Miliyar bergulir di desa ini," sebut Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Pesta Panen yang dirangkai dengan Balap Ojek Gabah di Desa Tulung Indah, Sabtu (14/1/2022).

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Sementara untuk di Kecamatan Sukamaju secara keseluruhan, lanjut Indah, dengan luas sawah 2543 hektare dan luas tanam 4224 hektare, produktivitasnya rata-rata 5,97 ton/ hektare.

"Luas panen padi 3783 hektare itu diperkirakan Rp80 Miliyar lebih uang bergulir di Sukamaju. Khusus jagung sekira Rp.14 Miliyar. Jadi dari dua komoditi itu sekira Rp. 100 M. Maka, saya yakin warga Sukamaju ini tidak ada yang tidak bayar pajak, sebab pajak itu kembali ke masyarakat," kata Indah.

"Kontribusi sektor tanaman pangan khusus padi ini menyumbang 10,68% dari Kecamatan Sukamaju. Kita berharap dapat terus meningkat. Itulah mengapa Pemda selalu memberi dukungan, dan saya selalu hadir langsung pada kegiatan yang berhubungan dengan petani, karena ini kesempatan saya berterima kasih. Terima kasih kepada para pejuang pangan kita," tutur bupati yang juga turut serta mengemudikan ojek gabah pada kesempatan tersebut.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

Terakhir, Ia berpesan untuk terus menjaga keamanan wilayah.

"Mari kita jaga keamanan daerah kita. Saya yakin dengan kekompakan forkopincam dan kerjasama tiga pilar di desa, Sukamaju akan terus aman dan kondusif," tutup Indah.

#pemkab luwu utara