Jumat, 13 Januari 2023 09:52

Presiden Brasil Menduga Perusuh Dibantu Orang Dalam Istana

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Brasil Menduga Perusuh Dibantu Orang Dalam Istana

Lula telah memerintahkan “penyelidikan menyeluruh” terhadap staf istana kepresidenen

BRASIL -- Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula di Silva menduga bahwa para perusuh yang menjarah istana kepresidenan akhir pekan lalu mendapat bantuan orang dalam.

Lula telah memerintahkan “penyelidikan menyeluruh” terhadap staf istana kepresidenen pasca insiden yang dilakukan oleh para pendukung mantan Presiden Brazil Jair Bolsonaro.

“Saya yakin pintu istana [kepresidenan] Planalto dibuka untuk orang-orang agar masuk, karena tidak ada pintu yang rusak,” ujarnya, Kamis (12/1).

Baca Juga : Selamat Jalan Legenda Pele, Beristirahatlah Dalam Damai

“Ini artinya ada seseorang yang memfasilitasi mereka untuk masuk,” kata Lula, yang tengah mengatasi akibat dari tindak kekerasan oleh para “bolsonaristas” – istilah untuk pendukung Bolsonaro – terhadap masa pemerintahannya yang baru saja dimulai.

Para perusuh menjarah ruang-ruang kantor, menghancurkan karya seni berharga dan mencorat-coret lokasi dengan grafiti berisi seruan kudeta militer.

“Kami dengan tenang akan menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi,” kata Lula, yang mengalahkan Bolsonaro dengan selisih amat tipis Oktober lalu, menyusul kampanye yang sangat memecah-belah.

Baca Juga : Zidane Jadi Kandidat Pelatih Brasil Gantikan Tite

Pihak berwenang berupaya menentukan siapa yang merencanakan dan mendanai kerusuhan itu, di mana lebih dari 1.000 orang ditangkap.

#brasil