Kamis, 12 Januari 2023 15:31

Jenderal Dudung Usai Menerima Gelar Adat di Istana Balla Lompoa: Seluruh Prajurit TNI AD Harus Jadi Daeng Malewa

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jenderal Dudung Usai Menerima Gelar Adat di Istana Balla Lompoa: Seluruh Prajurit TNI AD Harus Jadi Daeng Malewa

"Saya dapat gelar kehormatan Daeng Malewa yang artinya pemersatu, penjaga kedaulatan NKRI, pengemban amanah menjaga kedaulatan,"

RAKYATKU.COM, GOWA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman menerima penganugerahan gelar adat Daeng Malewa. Prosesi penyerahan gelar dilakukan di Istana Balla Lompoa, Gowa pada Kamis, 12 Januari 2023.

Pengukuhan gelar adat ditandai dengan pemasangan songkok oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan di Museum Balla Lompoa.

Adapun piagam penghargaan gelar adat diserahkan oleh keluarga kerajaan, Andi Kumala Idjo Karaeng Lembang Parang Sultan Malikussaid II.

Baca Juga : 50 Warga Romang Polong Dapat Sertipikat Tanah Gratis

"Saya dapat gelar kehormatan Daeng Malewa yang artinya pemersatu, penjaga kedaulatan NKRI, pengemban amanah menjaga kedaulatan," kata Jenderal Dudung usai prosesi penyerahan gelar.

Orang nomor satu di jajaran TNI Angkatan Darat tersebut mengatakan gelar tersebut tidak hanya terkhusus kepadanya. Namun semua prajurit angkatan darat harus menjadi Daeng Malewa.

"Gelar ini tidak serta merta hanya ke saya tapi seluruh prajurit TNI Angkatan Darat harus jadi Daeng Malewa, menjaga persatuan dan kesatuan, dicintai rakyat dan mengutamakan kepentingan rakyat," tambahnya.

Baca Juga : Prevelensi Stunting Gowa Turun 11,9 Persen

Penyerahan gelar adat ini berdasarkan Surat Keputusan bupati gowa tentang pemberin gelar adat kepada Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Pemberi gelar adat kepada Jenderal Dudung dengan nama pakdaengan, Daeng Malewa. Pemberian gelar nama Gowa ini merupakan kehormatan masyarakat adat gowa kepada Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai rumpun Keluarga Besar Gowa.

Pemberian gelar ini dapat digunakan sampai dengan tidak melanggar tatanan adat dan ketentuan hukum yang ada dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

#Jenderal Dudung Abdurachman #adnan purichta ichsan #Pemda Gowa #Pemkab Gowa