Kamis, 12 Januari 2023 14:43

CEO PT Vale dan Rektor Unhas Teken Kerja Sama Peningkatan SDM

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
CEO PT Vale Indonesia, Febriany Eddy (kedua kiri), dan Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Jamaluddin Jompa (kedua kanan), usai meneken perjanjian kerja sama di Kantor PT Vale, di Jakarta, Rabu (11/01/2023). (Foto: PT Vale Indonesia)
CEO PT Vale Indonesia, Febriany Eddy (kedua kiri), dan Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Jamaluddin Jompa (kedua kanan), usai meneken perjanjian kerja sama di Kantor PT Vale, di Jakarta, Rabu (11/01/2023). (Foto: PT Vale Indonesia)

Komitmen kerja sama ini merupakan perpanjangan ketiga dari kesepakatan yang ditandatangani pada 2013.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - CEO PT Vale Indonesia, Febriany Eddy, bersama Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Jamaluddin Jompa, meneken perjanjian kerja sama di bidang pendidikan, pelatihan, penelitian serta pengembangan dan pengabdian masyarakat. Penandatanganan berlangsung di Kantor PT Vale, di Jakarta, Rabu (11/01/2023).

Komitmen kerja sama ini merupakan perpanjangan ketiga dari kesepakatan yang ditandatangani pada 2013. Jamaluddin berharap, kolaborasi antara PT Vale dan Unhas dapat lebih komprehensif untuk membangun sumber daya manusia.

"PT Vale bisa berkontribusi dalam memperkuat peran universitas untuk pengembangan SDM (sumber daya manusia). Kita harus tahu apa yang diperlukan secara strategis untuk PT Vale. Perusahaan ini sudah sangat matang dan berpengalaman sehingga dapat bersama mengembangkan kurikulum dan bersinergi bersama," kata Jamaluddin didampingi Wakil Rektor IV Unhas, Adi Maulana, dan Guru Besar Hukum Pertambangan Unhas, Abrar Saleng.

Baca Juga : Wabup Apresiasi Kontribusi PT Vale Besar Kembangkan SDM Luwu Timur

Sinergi tersebut, kata dia, salah satunya bisa diwujudkan melalui rencana Unhas mendirikan Program Studi Teknik Metalurgi di Fakultas Teknik Unhas.

"Sinergi bisa diwujudkan, terutama terkait teknik metalurgi. Kita bersama mampu menambah kapasitas anak bangsa agar mengolah sumber daya alam lebih baik," ujarnya.

Dia menambahkan, ke depan Unhas tetap menjadi partner yang strategis sekaligus kritis dalam upaya bersama-sama membangun negeri melalui pengelelolaan sumber daya alam (SDA), utamanya mineral dan energi dengan konsep pembangunan yang berkelanjutan.

Baca Juga : Resmikan Jalan Layang Terpanjang di Lutim, Bupati: Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Pada kesempatan itu pula, Jamaluddin juga mengapresiasi komitmen keberlanjutan yang telah dijalankan PT Vale selama lebih dari 50 tahun beroperasi di Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Pemerintah, industri, termasuk media untuk bersama-sama kita bersinergi. Kita saling membutuhkan. Saya juga senang hadir dan mendengar, ternyata PT Vale selaras dengan misi kami, sustainable development. Kita baru saja mendapat peringkat kedua pada SDGs Awards dari Bappenas. Kita menyadari, banyak peluang kerja sama dengan PT Vale. Baru tahu juga tadi PT Vale telah memiliki visi jangka panjang yang sudah mengarah ke aspek berkelanjutan," tuturnya.

CEO PT Vale, Febriany Eddy, menyambut baik perpanjangan kerja sama dengan instansi pendidikan tinggi yang berbasis di Kota Makassar, Sulsel, tersebut. Pada dialog yang berlangsung hangat sebelum tanda tangan, Febri menyampaikan pentingnya riset dan masukan akademisi dalam mendukung PT Vale.

Baca Juga : PT Vale Sumbang 4.000 Bibit untuk Sedekah Pohon Pemprov Sulsel

"Kami saat ini menjalankan peran yang cukup strategis dalam transisi energi global. Terkait dengan itu, kami membutuhkan dukungan dari sisi riset maupun dari kontribusi sumber daya manusia yang andal. Kita memiliki sumber daya alam yang melimpah. Dengan dukungan SDM, kita mampu mengolah sumber daya alam tersebut dengan lebih berkelanjutan," ungkap Febri.

Febri juga memperkenalkan nilai-nilai yang diusung PT Vale, di antaranya adalah komitmen terhadap keberlanjutan.
Tak hanya itu, Febri mengundang Rektor Unhas untuk datang ke Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, melihat penerapan operasi berkelanjutan yang diterapkan PT Vale.

#PT Vale Indonesia #Universitas Hasanuddin #Jamaluddin Jompa #Febriany Eddy