Senin, 09 Januari 2023 17:06

Ratusan Siswa SMP di Dua Pitue Terima Beasiswa PIP, Bupati Sidrap: Pergunakan untuk Kebutuhan Pendidikan

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ratusan Siswa SMP di Dua Pitue Terima Beasiswa PIP, Bupati Sidrap: Pergunakan untuk Kebutuhan Pendidikan

Bupati Sidrap, Dollah Mando berharap agar bantuan tersebut betul-betul dimanfaatkan untuk kebutuhan pendidikan siswa penerima.

RAKYATKU.COM -- Sebanyak 145 siswa menerima bantuan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) jalur aspirasi di SMP Negeri 1 Dua Pitue Kabupaten Sidrap, Senin (9/1/2023).

Penyerahan beasiswa dihadiri Bupati Sidrap, H. Dollah Mando, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidrap, Faisal Sehuddin, Tenaga Ahli Anggota DPR RI Komisi 10, Andi Patonangi, dan tokoh pemerhati pendidikan putra asli Sidrap yang berdomisili di Jakarta, H. Ismail Aksa.

Turut hadir, Kepala SMP Negeri 1 Dua Pitue, Faisal, Ketua Komite Sekolah SMP Negeri 1 Dua Pitue, H. M. Sa’ad Mangile, tokoh pendidikan, dan ratusan orang tua siswa penerima beasiswa PIP.

Baca Juga : Sekda Sidrap Basra Bakal Dilantik Jadi Pj Bupati Akhir Pekan Ini

Penyaluran beasiswa ini digelar KNPI Dua Pitue berkolaborasi dengan KNPI Pitu Riawa, IPMI Sidrap Cabang Dua Pitue, IPMI Sidrap Cabang Pitu Riawa, dan Sapma Pemuda Pancasila Kabupaten Sidrap.

Faisal Sehuddin dalam sambutannya menjelaskan, beasiswa PIP ada dua jenis. PIP reguler yang langsung dari Kementerian Pendidikan dan PIP dari pemangku yakni DPR RI yang tidak hanya diberikan untuk daerah pemilihannya saja.

Faisal juga mengapresiasi SMP Negeri 1 Dua Pitue yang menorehkan sejumlah prestasi di tingkat kabupaten, sehingga menurutnya SMP Negeri 1 Dua Pitue menjadi sekolah unggulan di kecamatan tersebut.

Baca Juga : Bapenda Sidrap Bimbing Pelaku Usaha Terapkan QRIS

Sementara Tenaga ahli Anggota Komisi X DPR RI, Andi Patonangi menjelaskan, beasiswa PIP yang berhasil dibawa ke Kabupaten Sidrap ini sebagai upaya generasi muda untuk ikut membantu para pelajar.

“Dua tahun terakhir masyarakat mengalami tekanan ekonomi akibat pandemi, sehingga bantuan beasiswa diharapkan dapat mencegah siswa putus sekolah karena biaya,” ujarnya.

Diungkapkannya, APBN 2022 telah menyasar sekitar 17 juta lebih sasaran siswa penerima PIP se-Indonesia jenjang SD-SMP-SMA-SMK. Dari jumlah tersebut ada 2000 lebih beasiswa jalur aspirasi dari Komisi X dialokasikan ke SD dan SMP se-Sidrap.

Baca Juga : Soft Launching Aplikasi SiPeNGaja, Inovasi Pengadaan Barang dan Jasa di Kabupaten Sidrap

“Kuota beasiswa aspirasi ini menambah kuota reguler yang memang diperoleh setiap tahunnya oleh dinas pendidikan. Dan khusus untuk SMP Negeri 1 Dua Pitue penerima PIP sebanyak 145 siswa yang difasilitasi pengurusan buku tabungannya oleh KNPI Dua Pitue sebagai pengganti kartu PIP,” terang Andi Patonangi.

Bupati Sidrap, Dollah Mando berharap agar bantuan tersebut betul-betul dimanfaatkan untuk kebutuhan pendidikan siswa penerima.

“Kepada orang tua dan kepala sekolah untuk memantau penggunaan beasiswanya agar tepat sasaran dan tidak dipergunakan untuk hal lain selain untuk kebutuhan pendidikannya,” pesan Dollah.

Baca Juga : Hadiri Apel Besar Akhir Masa Jabatan Gubernur Sulsel, Bupati Sidrap Apresiasi Dedikasi Andi Sudirman Sulaiman

Dollah juga mengingatkan para orang tua agar memperhatikan anaknya dengan baik di lingkungan keluarga. “Karena waktunya lebih banyak dengan keluarga dibandingkan dalam asuhan guru,” tutur Dollah.

Ia tidak lupa mengapresiasi mengapresiasi tokoh pemuda, mahasiswa, dan seluruh pihak yang membantu penyaluran beasiswa tersebut.

“Terkhusus Andi Patonangi dan H. Ismail Aksa selaku putra Sidrap yang sukses di perantauan, terima kasih atas bantuan jaringan di pusat sehingga bantuan beasiswa PIP aspirasi ini dapat disalurkan di Kabupaten Sidrap,” tandas Dollah.

Baca Juga : UPP Saber Pungli Sulsel Monev Kegiatan 2023 dan Rencanakan Aksi 2024 di Sidrap

Usai menyerahkan di SMP Negeri 1 Dua Pitue, Bupati Sidrap dan Tenaga Ahli Anggota DPR RI Komisi X dan rombongan melanjutkan kegiatan penyerahan beasiswa di SMPN 2 Dua Pitue. Penerima beasiswa di SMPN 2 Dua Pitue berjumlah 146 siswa.

#pemkab sidrap #Dollah Mando