Jumat, 06 Januari 2023 14:05

Pemkab Wajo Belajar Pengelolaan Keuangan SIPD Pemkab Barru

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kunjungan kerja (kunker) Bidang Anggaran Perbendaharaan dan Tim SIPD BPKPD Kabupaten Wajo di Kantor Bupati Barru, Kamis (5/1/2023).
Kunjungan kerja (kunker) Bidang Anggaran Perbendaharaan dan Tim SIPD BPKPD Kabupaten Wajo di Kantor Bupati Barru, Kamis (5/1/2023).

Penerapan sistem SIPD membawa Pemkab Barru berhasil meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah.

RAKYATKU.COM, BARRU - Kepala BKAD Kabupaten Barru, Abu Bakar, menerima kunjungan kerja (kunker) Bidang Anggaran Perbendaharaan dan Tim SIPD BPKPD Kabupaten Wajo di Kantor Bupati Barru, Kamis (5/1/2023).

Kunker delegasi Pemkab Wajo ini untuk mempelajari dan membahas Implementasi SIPD Penatausahaan dan Aklap yang telah diterapkan di Kabupaten Barru sejak 2019 lalu.

Dengan penerapan sistem SIPD tersebut, Pemkab Barru berhasil meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah.

Baca Juga : Bupati Suardi Saleh Lepas Jamaah Umrah Gratis Program Pemkab Barru

Implementasi SIPD juga berdampak pada hasil pemeriksaan BPK yang menetapkan laporan keuangan Barru dengan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Alhamdulillah Kabupaten Barru berhasil mengimplementasikan SIPD sebagai single system sejak tahun 2019," kata Abu Bakar di hadapan tim BPKPD Wajo.

Menurut Abu Bakar, proses dalam membangun komitmen terlaksana atas arahan Bupati Barru, Suardi Saleh, serta dukungan seluruh stakeholder sehingga Barru menjadi rujukan kabupaten lainnya dalam pelaksanaan SIPD.

Baca Juga : Upacara Hari Kesadaran Nasional di Barru, Ketua DPRD Minta Lupakan Konflik Pemilu

"Beberapa kabupaten di Sulsel juga dijadwalkan berkunjung di Kabupaten Barru dalam rangka studi tiru pengelolaan keuangan berbasis SIPD", ungkapnya.

Abu Bakar menambahkan, dalam waktu dekat pengelolaan keuangan di Barru akan berorientasi go digitalisasi. Artinya, proses pembayaran secara daring atau online dengan dukungan transaksi nontunai melalui kartu kredit pemerintah daerah.

"Hadirnya regulasi perda pengelolaan keuangan daerah yang ditetapkan di tahun 2022 serta regulasi di bidang pengelolaan keuangan menjadi komitmen ke depan untuk menjadikan pengelolaan keuangan Barru yang lebih andal," terangnya.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru