Minggu, 01 Januari 2023 12:11

Penjualan Senjata Amerika Serikat ke Negara-negara NATO Meningkat

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
M142 HIMARS launching a GMLRS rocket at the White Sands Missile Range in 2005 (foto: wikipedia.org)
M142 HIMARS launching a GMLRS rocket at the White Sands Missile Range in 2005 (foto: wikipedia.org)

Pada akhir tahun 2022, Paman Sam telah menyetujui 24 penjualan senilai sekitar USD28 miliar

RAKYATKU.COM - Majalah Foreign Policy pada hari Kamis melaporkan penjualan senjata Amerika Serikat (AS) ke negara-negara NATO meningkat hampir dua kali lipat baik dalam jumlah maupun nilai pada 2022.

Konflik di Ukraina menguras persediaan militer Eropa, semua pedagang senjata top AS mendapati harga saham mereka meroket.

Mengutip analisis angka Pentagon, Foreign Policy melaporkan bahwa pada 2021 pemerintah AS menyetujui 14 penjualan senjata utama kepada anggota NATO pada tahun 2021, dengan total sekitar USD15,5 miliar, kata majalah itu.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Pada akhir tahun 2022, Paman Sam telah menyetujui 24 penjualan senilai sekitar USD28 miliar.

Sementara beberapa dari kesepakatan ini telah dinegosiasikan bertahun-tahun sebelumnya, operasi militer Rusia di Ukraina membuat anggota NATO Eropa berebut untuk menambah pengeluaran militer mereka, dan untuk mengisi kembali kendaraan, senjata, serta amunisi yang disumbangkan ke militer Ukraina.

Latvia, Lithuania, dan Estonia semuanya telah memesan HIMARS Multiple-Launch Rocket Systems (MLRS), sistem yang sama yang telah diberikan AS ke Ukraina. Departemen Luar Negeri AS mengizinkan penjualan 116 tank M1A1 Abrams ke Polandia, setelah Warsawa mengirim T-72 era Soviet dan tank PT-91 buatan dalam negeri ke pasukan Kiev.

Baca Juga : Rusia: Pemimpin Kelompok Wagner Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Menurut laporan media dan pengakuan pejabat tinggi, di tengah kesibukan untuk mempersenjatai Ukraina, persediaan senjata Eropa dan AS sendiri menipis.

Selain senjata yang dijual kepada sekutunya, AS juga telah mengalokasikan lebih dari USD110 miliar bantuan militer dan ekonomi ke Kiev sejak Februari, dengan senjata senilai sekitar USD21 miliar diangkut ke Ukraina pada 21 Desember.

Ketegangan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada stok persenjataan AS – Washington telah memberi Kiev rudal Javelin selama satu dekade pada bulan September, misalnya – telah menghasilkan rekor keuntungan bagi industri senjata.

Baca Juga : Putin Angkat Bicara Terkait Kecelakaan Pesawat yang Diduga Tewaskan Bos Wagner

Dikutip dari Russia Today, Sabtu (31/12/2022), empat kontraktor pertahanan terbesar AS semuanya mengakhiri tahun ini dengan saham mereka pada atau mendekati level tertinggi sepanjang masa. Harga saham Lockheed Martin saat ini naik 37% dari tahun lalu.

Sedangkan saham Boeing, yang telah terpukul sejak pandemi virus Corona menghentikan penerbangan di seluruh dunia, telah didukung oleh konflik di Ukraina dan sekarang berada di posisi yang sama seperti setahun yang lalu. Raytheon telah mengalami kenaikan harga saham sebesar 17% tahun ini, sementara General Dynamics telah meningkat nilainya sebesar 18%.

Keberhasilan perusahaan-perusahaan ini sangat terkait dengan permintaan senjata di Ukraina sehingga Northrop Grumman, Raytheon, Pratt & Whitney, dan Lockheed Martin semuanya mensponsori sebuah resepsi di kedutaan Ukraina di Washington awal bulan ini, menimbulkan kontroversi ketika mereka memamerkan logonya pada undangan.

Baca Juga : Negara-negara BRICS Serukan Penolakan Standar Ganda Dalam Melindungi HAM

Sumber: SINDOnews.com

 

 

#Amerika Serikat #Rusia