Kamis, 29 Desember 2022 19:46

Tutup Tahun 2022, Satupena Sulawesi Selatan Gelar Peluncuran dan Diskusi Buku

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tutup Tahun 2022, Satupena Sulawesi Selatan Gelar Peluncuran dan Diskusi Buku

Buku yang bakal didiskusikan itu berjudul Narasi Sederhana Sang Pembelajar, karya Mohammad Muttaqin Azikin, yang juga merupakan anggota Satupena Provinsi Sulawesi Selatan.

RAKYATKU.COM -- Menutup tahun 2022, Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena Sulawesi Selatan akan menggelar peluncuran dan diskusi buku di Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan, Jalan Sultan Alauddin km 7 Talasalapang, Makassar, Sabtu (31/12/2022).

Buku yang bakal didiskusikan itu berjudul Narasi Sederhana Sang Pembelajar, karya Mohammad Muttaqin Azikin, yang juga merupakan anggota Satupena Provinsi Sulawesi Selatan.

Menurut penulisnya, secara keseluruhan isi buku ini merupakan respons dan ungkapan keresahan dirinya akan fenomena sosial keagamaan yang terjadi di masyarakat, di mana masih sering terjadi kerancuan-kerancuan yang dijumpai serta rasakan.

Baca Juga : Teken MoU dengan Satupena Sulsel, Lurah Maccini Sombala Komitmen Kembangkan Literasi Lorong

Buku kedua dari Mohammad Muttaqin Azikin ini, sejak 2019 ditargetkan terbit. Namun ada beberapa kendala teknis yang dialami, akhirnya baru bisa hadir di 2022 ini.

Mohammad Muttaqin Azikin ini merupakan seorang peneliti, juga sekaligus Direktur Eksekutif Ma'REFAT INSTITUTE (Makassar Research for Advance Transformation) Sulawesi Selatan.

Rusdin Tompo, Koordinator Satupena Provinsi Sulawesi Selatan, menyampaikan acara diskusi buku akan menghadirkan tiga pembicara. Yakni Prof Dr Sukardi Weda (Guru Besar Universitas Negeri Makassar), Dr Firdaus Muhammad (Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar), dan Mohammad Muttaqin Azikin (penulis buku). Diskusi akan dipandu oleh Rahman Rumaday (Founder K-Apel) sebagai moderator.

Baca Juga : Koordinator Satupena Sulsel: Menulis Itu Wujud Sikap Kritis dan Kepedulian

Peluncuran buku akan ditandai dengan penyerahan buku secara simbolik ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan dari penulis untuk menambah koleksi deposit perpustakaan. Juga kepada beberapa orang sebagai bentuk motivasi agar terus berkarya menulis buku.

Selain acara peluncuran dan diskusi buku, akan diisi pula oleh pembacaan puisi dari penyair dan penggiat literasi. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09.00 hingga 12.00 Wita.

Rusdin Tompo mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, atas kerja sama dan dukungannya bagi Satupena Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Satupena Sulsel dan Kelurahan Maccini Sombala Kerjasama Kembangkan Literasi Budaya dan Kewargaan

Di pengujung tahun 2022 ini, Satupena dan FDK UIN Alauddin, juga punya agenda menerbitkan buku bersama berupa pengalaman menulis dan proses kreatif para penulis Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Temu Penulis Makassar ke-2, yang diinisiasi Dr Firdaus Muhammad. Buku profil penulis tersebut, rencananya diterbitkan awal tahun 2023. (*)

#Satupena Sulsel #Diskusi Buku