Selasa, 13 Desember 2022 09:13

Peringatan Dini BMKG, Sejumlah Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Hampir seluruh wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan.

RAKYATKU.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini bahwa sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang, Selasa (13/12/2022).

Dikutip dari laman BMKG, terdapat potensi hujan lebat di wilayah Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Baca Juga : BMKG Lakukan TMC Antisipasi Cuaca Ekstrem Periode Mudik Lebaran

BMKG menyampaikan, sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Sumatera Utara, di Laut Jawa dan di perairan utara Papua yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Laut Natuna bagian utara hingga Selat Malaka bagian Utara, di perairan sebelah barat Aceh-Sumatera Utara, di Kalimantan Tengah hingga Laut Jawa, dan di perairan utara Papua. Daerah konvergensi lain juga terpantau memanjang di Papua.

Menurut BMKG, kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Sumber: Antara

#bmkg #prakiraan cuaca