Jumat, 07 Oktober 2022 17:26

Dibuka Bupati Luwu Utara, 996 Siswa TK Ikuti Lomba Kreativitas

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dibuka Bupati Luwu Utara, 996 Siswa TK Ikuti Lomba Kreativitas

Ratusan siswa mengikuti Lomba Kreativitas yang dibuka secara resmi oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

RAKYATKU.COM -- Sekitar 996 siswa dari 92 Taman Kanak-Kanak dan Playgroup di Kabupaten Luwu Utara memadati Halaman Kantor Bupati, Jumat (7/10/2022).

Ratusan siswa mengikuti Lomba Kreativitas yang dibuka secara resmi oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

“Melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak kita menjadi anak yang aktif sehingga melahirkan sikap inisiatif,” kata Indah.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

“Tentunya hal ini harus didukung oleh orang tua karena pendidikan pertama dan sekolah pertama bagi anak adalah orang tua. Dukungan dari orang tua merupakan syarat mutlak bagaimana melahirkan generasi yang kreatif dan berbudi luhur,” lanjut ibu dari dua anak itu.

Bupati perempuan pertama di Sulsel itu juga mengatakan, anak adalah aset sekaligus investasi. Tidak cukup hanya diajarkan untuk menjadi pintar tetapi harus diajarkan untuk berinteraksi dengan baik karena hanya 15% nilai akademik yang berkontribusi terhadap kesuksesan, 85% ditentukan oleh soft skill seperti keterampilan komunikasi dan membangun jaringan.

“Anak Taman Kanak-kanak/PAUD yang berusia tiga setengah tahun sampai dengan 6 tahun merupakan usia yang paling penting dalam rangka pembentukan karakter dan kreativitas serta sikap inisiatif. Melalui program belajar dan bermain mandiri, inisiatif terbentuk dari diri kita sendiri anak agar anak menjadi generasi yang kreatif,” ujarnya.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

Dalam mengembangkan karakter anak, Indah berpesan agar anak, guru, dan orang tua membangun hubungan yang konstruktif.

“Karena setiap anak itu berbeda, memiliki kebutuhan yang spesifik dan harus dikomunikasikan. Anak tidak bergantung pada satu orang, tetapi tergantung pada dukungan keluarga, guru, dan lingkungan tempatnya berada. Untuk itu mari kita bentuk anak sejak dini sehingga dalam kondisi apapun, Dia berharga,” ujar Indah yang hadir bersama Ketua DPRD Basir, Sekda, Kadisdikbud Jasrum, Asisten Setdakab, dan Ketua Organisasi Wanita.

Sebelum membuka lomba, Bupati Luwu Utara terlihat berolahraga dengan riang bersama seluruh peserta.

#pemkab luwu utara