Senin, 12 Desember 2022 11:06

Bola Khusus Semifinal dan Final Piala Dunia 2022, Namanya Al Hilm

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wujud bola Al Hilm yang khusus digunakan untuk laga semifinal dan final Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Twitter FIFA World Cup)
Wujud bola Al Hilm yang khusus digunakan untuk laga semifinal dan final Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Twitter FIFA World Cup)

Al Hilm merupakan bahasa Arab yang berarti arti mimpi.

RAKYATKU.COM, DOHA - Adidas meluncurkan bola yang khusus digunakan untuk laga semifinal dan final Piala Dunia 2022 Qatar. Namanya Al Hilm.

Hal itu disampaikan FIFA dalam rilis resminya, Ahad (11/12/2022). Al Hilm akan dipakai untuk pertandingan semifinal hingga final Piala Dunia 2022. Sebelumnya, Piala Dunia 2022 menggunakan bola Al Rihla sejak fase grup.

Al Hilm merupakan bahasa Arab yang berarti arti mimpi. Penggunaan nama itu merupakan kesinambungan dari bola yang selama ini digunakan, yakni Al Rihla yang berarti perjalanan.

Baca Juga : Tidak Bertindak atas Kekerasan Israel Terhadap Palestina, FIFA Dikecam

Desain Al Hilm dibuat dengan warna dasar emas bertekstur yang menampilkan pola segitiga halus.Corak itu terinspirasi dari padang pasir yang berkilauan di sekitar Kota Doha, warna trofi Piala Dunia, serta pola bendera Qatar.

Bola Al Hilm menyertakan teknologi Adidas Connected Ball yang sebelumnya ada di Al Rihla. Ada sensor Inertial Measurement Unit (IMU) di dalam bola yang mendukung pengambilan keputusan lebih cepat dan akurat.

Penggabungan data bola yang ditangkap sensor IMU dan penerapan kecerdasan buatan mendukung sistem offside semiotomatis. Ini sangat berguna untuk memberikan momen yang tepat ketika bola dimainkan dalam situasi offside yang ketat.

Baca Juga : FIFA Pertimbangkan Ubah Aturan Offside Usai Terima Masukan Arsene Wenger

Semifinal Piala Dunia 2022 digelar pada Rabu (14/12/2022) dan Kamis (15/12/2022) dini hari Wita. Partai final berlangsung Ahad (18/12) malam Wita.

#Piala Dunia 2022 Qatar #FIFA