Minggu, 11 Desember 2022 17:20

FKIP UIM Gelar Ramah Tamah dan Pelepasan 54 Orang Lulusan

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
FKIP UIM Gelar Ramah Tamah dan Pelepasan 54 Orang Lulusan

“Alhamdulillah mulai tahun 2017 sampai sekarang FKIP UIM telah menghasilkan alumni sebanyak 760 orang dan ditambah 54 orang malam ini, maka semuanya berjumlah 814 orang alumni," ujar Badruddin.

RAKYATKU.COM - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Makassar (UIM) menggelar ramah tamah dan pelepasan lulusan calon wisudawan sarjana S-1 di Hotel Harper, Kota Makassar, Sabtu (10/12/2022).

Erwin Nurdiansyah ketua Prodi PGSD sekaligus selaku ketua panitia ramah tamah, dalam laporannya mengatakan, ramah tamah FKIP ini dijadikan sebagai ajang silaturahim para alumni lulusan dan para orang tua lulusan dengan sivitas akademika FKIP UIM setelah menempuh pendidikan di FKIP UIM selama kurang lebih 4 tahun.

Badruddin Kaddas selaku Dekan FKIP UIM, sebelum melepas secara resmi para lulusan mengemukakan bahwa 54 orang lulusan FKIP UIM telah didik selama kurang lebih 4 tahun dan mereka telah dibekali dengan kompetensi, keterampilan, dan karakter yang mumpuni dan siap terserap di dunia kerja.

Baca Juga : UIM Gelar Ramah Tamah dan Pelepasan 78 Mahasiswa Inbound PMM 3

“Alhamdulillah mulai tahun 2017 sampai sekarang FKIP UIM telah menghasilkan alumni sebanyak 760 orang dan ditambah 54 orang malam ini, maka semuanya berjumlah 814 orang alumni," ujar Badruddin.

Badruddin mengatakan para alumni ini telah terserap di dunia kerja yang tersebar di seluruh pelosok nusantara, banyak yang menjadi guru PNS/ASN PPPK/honorer, wirausaha, pengelola lembaga pendidikan, tenaga kependidikan, dan banyak yang lanjut studi S.2 dan sekarang sudah ada beberapa telah menjadi dosen di beberapa perguruan tinggi.

"Uniknya lagi banyak alumni yang telah menjadi guru di beberapa sekolah/lembaga pendidikan seperti di PAUD dan di SD sebelum mereka menyelesaikan studinya di FKIP UIM," ungkapnya.

Baca Juga : UIM Berkemilau di Tingkat Nasional: Menjadi Salah Satu dari 128 PT se-Indonesia Penerima PMM 4

"Mereka diminta untuk tinggal menjadi guru setelah melaksanakan PPL/KKN, ini menjadi bukti nyata bahwa lulusan FKIP UIM memiliki kelebihan yang tidak dimiliki dari kampus lain sehingga dapat diterima di dunia kerja," sambungnya.

Badruddin menambahkan bahwa para lulusan patut berbangga bisa menyelesaikan pendidikan di FKIP UIM yang semua prodinya telah terakreditasi B oleh BAN PT, selama menempuh pendidikan di FKIP UIM di didik oleh dosen yang professional yang telah tersertifikasi, kebanyakan telah berkualifikasi doktor dan telah mencetak prestasi di kanca regional maupun nasional.

Selain itu kata Badruddin, di FKIP UIM sejauh ini terus mengembangkan diri salah satunya adalah berhasil menambah dua program studi baru, yakni prodi Pendidikan Profesi Guru dan Prodi Pendidikan Teknologi Informasi.

Baca Juga : Sadaruddin Dosen FKIPS UIM Al Gazali Raih Doktor di UNM

"Prodi Profesi Pendidikan Guru (PPG) ini berhasil kita buka yang ditandai dengan terbitnya Surat Keputusan Izin Operasional untuk menyelenggarakan PPG mlai tahun 2023," ucapnya.

Terakhir, Badruddin berharap para alumni senantiasa menjaga nama baik almamater UIM khususnya FKIP dan berharap kepada semua alumni FKIP agar tak hanya bisa terserap dalam dunia kerja, tapi mampu menciptakan lapangan pekerjaan khususnya dalam bidang pendidikan.

Sementara itu Rektor UIM, Dr. Ir. Hj. Andi Majdah M Zain, M.Si dalam sambutanya memberikan ucapan selamat dan sukses kepada semua alumni FKIP yang berjumlah 54 orang dan juga kepada semua orang tua lulusan FKIP.

Baca Juga : Buka PPG Angkatan Kedua, Rektor UIM Al-Gazali: Profesi Guru adalah Profesi yang Mulia

"Kalian lulus pada fakultas yang banyak melakukan inovasi dan menghasilkan prestasi dan telah banyak mengharumkan nama baik UIM melalui beberapa capaiannya selama ini. Salah satu yang terbaru ini FKIP UIM berhasil membuka prodi Pendidikan Profesi Guru maka sepantasnyalah kalian bangga selesai di FKIP UIM," ungkapnya.

Majdah mengatakan bahwa capaian FKIP UIM ini sangat sesuai dengan harapan dan target pimpinan Universitas.

Tentu capaian itu kata Majdah bisa terwujud melalui kekompakan dan kerja keras yang ditunjukkan oleh FKIP yang dinahkodai oleh pimpinan yang hebat.

Baca Juga : Rektor UIM Dorong Akses Pendidikan dengan Kebijakan Biaya Kuliah yang Terjangkau

"Saya berharap ke depan FKIP UIM tetap mengembangkan diri, terus berinovasi dalam meraih berbagai prestasi untuk memajukan UIM sebagai kampus terkemuka di kawasan timur Indonesia,” harapnya.

#FKIP UIM #Universitas Islam Makassar #Ramah Tamah