Jumat, 09 Desember 2022 12:44

Ilegal Fishing Diduga Terjadi di Laut Siwa

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilegal Fishing Diduga Terjadi di Laut Siwa

"Sudah ketemu, dan beberapa hari sudah hilang, tetapi muncul lagi"

RAKYATKU.COM, WAJO - Nelayan di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengungkap adanya dugaan aktivitas ilegal fishing di pesisir pantai laut Siwa. Akitivitas tersebut diduga dilakukan dengan membius dan meledakkan bom ikan.

"Ada dugaan aktivitas ilegal fishing di pesisir pantai laut Siwa sampai Sajoangi. Banyak laporan nelayan soal adanya melakukan bius dan bom ikan," kata Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Wajo, Elfrianto pada Jumat (9/12/2022).

Legislator DPRD Wajo itu mengatakan petani rumput laut juga turut resah. Mereka telah berkoordinasi dengan HSNI dan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Perikanan Wajo agar hal tersebut bisa ditindaki.

Baca Juga : DPRD Mamuju Pelajari Strategi Penyertaan Modal Bank Sulselbar di Wajo

Informasi dari nelayan pengeboman ikan makin marak sekarang bahkan suara ledakkannya sampai terdengar dipinggiran tambak.

"Lebih anehnya lagi setelah meledakkan bom mereka berteriak, seakan-akan meneriaki para pemancing. Kita sudah sempat diskusi dengan beberapa organisasi nelayan termasuk kelompok pengawas kelautan, kemudian kita juga ketemu Polairud. Langkah pertama pendekatan persuasif, dengan menemui penada ikannya," sebutnya.

Elfrianto menambahkan, pertemuan sudah dilakukan berulang kali. Pihak HNSI dan pengawas juga sudah seringkali mengingatkan kapal yang datang dari luar Wajo.

Baca Juga : Pansus II DPRD Wajo Bahas Ranperda Perubahan Pengelolaan Keuangan Daerah

"Sudah ketemu, dan beberapa hari sudah hilang, tetapi muncul lagi. Kalau misalnya pertemuan berikutnya tidak ada efeknya, langsung diserahkan ke pihak berwajib. Karena mereka lakukan bius, dan merusak rumput laut," jelasnya.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#DPRD Wajo