Senin, 05 Desember 2022 18:19

Jepang vs Kroasia Berebut Tiket Perempat Final, Begini Perjalanan dan Rekor Pertemuan Kedua Tim

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
 Jepang vs Kroasia Berebut Tiket Perempat Final, Begini Perjalanan dan Rekor Pertemuan Kedua Tim

Pada 1998, Jepang menang 1-0 atas Kroasia. Duel kedua pada Piala Dunia 2006 berakhir imbang 0-0. Hanya pada pertemuan pertama dalam ajang Kirin Japan Cup 1997 Jepang kalah.

RAKYATKU.COM - Babak knock out Piala Dunia 2022 malam ini, Senin 5 Desember 2022 akan mempertemukan Jepang vs Kroasia. Duel hidup mati tersebut akan berlangsung di Stadion Al Janoub pukul 22.00 WIB.

Perjalanan Jepang ke babak 16 Besar

Tim dari Negeri Matahari Terbit tersebut menjadi salah satu tim yang sangat diperhitungkan dalam Piala Dunia 2022 Qatar. Jepang berhasil lolos secara spektakuler dengan poin mentereng di grup neraka, Grup E.

Baca Juga : Unismuh Makassar dan SMARTI Resmi Jalin Kerjasama

Samurai Biru berhasil menumbangkan raksasa yang menjadi favorit juara Piala Dunia. Dua raksasa yang telah merasakan keganasan Timnas Jepang adalah Jerman dan Spanyol.

Pada awal perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar, tidak banyak yang meyakini Jepang akan lolos dari fase grup. Namun Jepang mampu membalikkan prediksi dengan menciptakan neraka untuk raksasa Spanyol dan Jerman.

Timnas Jepang secara mengejutkan mempecundangi Jerman saat laga pertama di Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022) malam WIB. Jepang membekuk Der Panzer dengan skor 2-1.

Baca Juga : Perdana Menteri Jepang Melakukan Kunjungan ke Ukraina 

Sempat membius pecinta bola sejagat raya saat membungkam Jerman 2-1, Jepang ternyata tidak mampu mengatasi Kosta Rika. Jepang menyerah dengan skor skor tipis 1-0 pada matchday kedua Grup E Piala Dunia 2022 di Ahmad Bin Ali Stadium, Al-Rayyan, Minggu (27/11/2022).

Namun kekalahan dari Kosta Rika tidak menjadi akhir cerita Jepang di Piala Dunia 2022 Qatar.

Tim besutan Hajime Tomiyasu tampil heroik dengan mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1 pada matchday ketiga Grup E Piala Dunia 2022 Stadion Internasional Khalifa pada Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

Baca Juga : Messi Bagikan iPhone Emas Kepada Tim dan Staf Timnas Argentina

Dalam laga tersebut, Jepang sempat tertinggal di babak pertama. Tapi dengan heroik Jepang bangkit dan membalikkan keadaan menjadi kemenangan di babak kedua. Kemenangan itu mengantarkan Jepang ke babak 16 Besar sebagai pemimpin klasemen Grup E.

Setelah melenggang ke babak knock out, Jepang otomatis bertemu dengan runner-up Grup F, Kroasia.

Pencapaian terbaik Jepang pada Piala Dunia sebelum-sebelumnya adalah menembus babak 16 besar pada edisi 2002, 2010, dan 2018. Pada tahun 2002 Jepang lolos sebagai juara grup namun kandas saat bertemu dengan Turki. Di tahun 2010 dan 2018, Jepang lolos dengan status runner up.

Baca Juga : Messi Ungkap Laga Tersulit Piala Dunia Qatar, Bukan Final Melawan Prancis

Pada 2002, Jepang tuan rumah bersama Korea Selatan.

Pejalanan Kroasia ke babak 16 Besar

Masuk di babak 16 Besar menjadi tantangan tersendiri bagi Kroasia sebagai finalis Piala Dunia 2018.

Baca Juga : FIFA Setujui Opening & Closing Piala Dunia U-20 di Indonesia

Berbeda dengan Jepang yang masuk ke babak 16 Besar sebagai pemimpin klasemen Grup E, Kroasia datang sebagai runner up Grup F dengan rekor hanya sekali kemenangan dan bermain imbang dua kali.

Kroasia berada dalam Grup dengan skuad yang kurang diunggulkan di Piala Dunia 2022 yakni Maroko dan Kanada. Hanya Belgia yang disebut-sebut cukup tangguh namun pun telah angkat koper lebih awal.

Hal ini menjadikan Jepang lebih menterang jika dilihat dari perjalanan fase penyisihan grup. Kroasia lolos ke babak 16 besar dengan hanya satu kali kemenangan dan dua kali hasil seri. Laga pertama melawan Maroko imbang 0-0, laga kedua melawan Kanada 4-1 dan pada laga pamungkas dengan Belgia imbang 0-0.

Baca Juga : FIFA Setujui Opening & Closing Piala Dunia U-20 di Indonesia

Meski demikian, Jepang tak akan mudah menghadapi Kroasia yang memiliki statistik lumayan bagus. Meski hanya satu kali membekuk lawan pada babak penyisihan, dari tiga pertandingan Kroasi hanya sekali kebobolan. Sementara Jepang tiga kali kebobolan yang terjadi setiap laga.

Dari jumlah gol, Jepang dan Kroasia memiliki rekor yang sama yakni empat gol.

Rekor Pertemuan Jepang vs Kroasia

Baca Juga : FIFA Setujui Opening & Closing Piala Dunia U-20 di Indonesia

Pada 1998, Jepang menang 1-0 atas Kroasia. Duel kedua pada Piala Dunia 2006 berakhir imbang 0-0.

Hanya pada pertemuan pertama dalam ajang Kirin Japan Cup 1997 Jepang kalah.

 

#Piala Dunia #Jepang #kroasia