Minggu, 04 Desember 2022 16:23

Peringatan Hari AIDS Sedunia, Bupati Sidrap Tekankan Pentingnya Upaya Pencegahan

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peringatan Hari AIDS Sedunia, Bupati Sidrap Tekankan Pentingnya Upaya Pencegahan

"Mari bersama lakukan pencegahan dengan tidak melakukan seks bebas, seks berisiko dan setia pada pasangan," pesan Dollah Mando.

RAKYATKU.COM -- Bertempat di Pelataran Monumen Ganggawa, Pangkajene Sidenreng, Bupati Sidrap, H. Dollah Mando berbaur dengan masyarakat melakukan senam bersama dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) tahun 2022, Ahad (4/12/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Pelaksana HAS Perhimpunan Konselor HIV-AIDS cabang Sidrap, Andi Palla dan sekretaris pelaksana, Hj. Nurwati.

 

Tampak pula Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB kabupaten Sidenreng Rappang, Ishak Kenre, dan Sekretaris Dinas Kominfo Sidrap, Asmawati Piarah.

Baca Juga : BPBD Sidrap Salurkan Ratusan Paket Bantuan Korban Banjir

Turut hadir, para kepala puskesmas, pengelola HIV-AIDS puskesmas dan rumah sakit, masyarakat umum, LSM peduli HIV-AIDS, Orang Dengan HIV (ODHIV), dan pengurus Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sidrap.

Bupati Sidrap di kesempatan itu menyampaikan pentingnya upaya upaya pencegahan HIV/AIDS.

"Mari bersama lakukan pencegahan dengan tidak melakukan seks bebas, seks berisiko dan setia pada pasangan," pesan Dollah Mando.

Baca Juga : Dukung Program Gemapatas BPN, Bupati Sidrap: Antisipasi Permasalahan Sengketa Tanah

Ia juga berharap masyarakat tidak melakukan diskriminasi dan stigmatisasi negatif pada orang dengan HIV/AIDS.

Sponsored by MGID

"Jangan lakukan diskriminasi, kita harus memberikan support untuk terapi pengobatannya," tuturnya.

Ketua panitia, Andi Palla mengatakan, selain senam, ada juga pembagian doorprize dan pemberian piagam penghargaan.

Baca Juga : Bupati Sidrap Teken Perpanjangan Kerja Sama dengan BPJamsostek

"Piagam diberikan kepada kepada semua kepala puskesmas dan direktur rumah sakit atas dukungan yang diberikan pada tim VCT HIV-AIDS dan tim PDP dalam melakukan pencegahan penularan virus HIV dan pengobatan kepala ODHA dan ODHIV di Kabupaten Sidenreng Rappang," paparnya.

Di tempat yang sama, Koordinator Lapangan (Korlap) Yayasan Mitra Husada, Padli Odding mengajak agar momentum tersebut dijadikan spirit menyatukan langkah, berjalan beriringan untuk menciptakan kesadaran dan gerakan kolektif.

"Sehingga kita mudah menanggulangi HIV/AIDS serta mampu menghilangkan stigma dan diskriminasi bagi ODHIV (orang dengan HIV)," katanya.

Baca Juga : Pemkab Sidrap Cek Fisik Seluruh Kendaraan Dinas, Ini Tujuannya

Sementara itu, keterangan salah satu penyandang ODHIV, menyatakan dirinya mengidap virus HIV pada tahun 2019.

"Saat ini saya akses obat antiretrovital atau ARV di RS Arifin Numang," ungkapnya.

Ia selanjutnya mengajak kepada para pengidap HIV/AIDS untuk positive thinking dalam semua hal, dan tidak patah semangat.

Baca Juga : Ponpes Al-Wahid Pape Wisuda 127 Santri, Ini Pesan Bupati Sidrap

"Kalau aku bisa, kalian juga harus bisa. Ingat, virus HIV bukanlah penyakit. Tetapi virus itu akan menjadi penyakit jika tidak terapi ARV dengan patuh," katanya.

Hari AIDS Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember sejak tahun 1988 yang ditetapkan oleh Worl Health Organization (WHO) yang selanjutnya dipilih sebagai Hari AIDS Sedunia.

Adapun hari AIDS Tahun 2022 ini mengusung tema "Equalize". Melalui tema tersebut, peringatan Hari AIDS Sedunia 2022 mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk mengatasi ketidaksetaraan yang menghambat kemajuan dalam mengakhiri HIV/AIDS.

#pemkab sidrap #Dollah Mando #hari Aids Sedunia