Sabtu, 03 Desember 2022 12:03

Di-launching Menhub Budi, Yuk Naik Kereta Api Nikmati Keindahan Wisata Alam Maros - Pangkep - Barru

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi (kanan), didampingi Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman.
Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi (kanan), didampingi Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman.

Segmen Barru - Pangkep - Maros yang di-launching ini dengan rute sepanjang 80 kilomter, melintasi 9 stasiun, dan 16 wisata alam.

RAKYATKU.COM, MAROS - Pengoperasian prasarana dan sarana perkeretaapian Makassar - Parepare segmen Barru - Pangkep - Maros di-launching Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi, didampingi Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, di Depo Kereta Api Balai Pengelola Kereta Api Sulsel, Jumat (2/12/2022).

Segmen Barru - Pangkep - Maros yang di-launching ini dengan rute sepanjang 80 kilomter, melintasi 9 stasiun, dan 16 wisata alam.

Adapun stasiun yang dilintasi, yakni Stasiun Maros, Stasiun Rammang-Rammang, Stasiun Pangkajene, Stasiun Labakkang, Stasiun Ma'rang, Stasiun Mandalle, Stasiun Tanete Rilau, Stasiun Barru, dan Stasiun Garongkong.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

Dalam perjalanan jalur kereta api ini, melewati 16 lokasi wisata alam yang ada di Kabupaten Maros, Pangkep, dan Barru.

Kawasan wisata di Maros, di antaranya Pantai Tak Berombak, Wisata Alam Mangambang, Air Terjun Bantimurung, Kampoeng Karst Rammang-Rammang, Taman Arkeologi Leang-Leang, dan Danau Toakala.

Di Kabupaten Pangkep, melewati enam lokasi wisata alam, yakni Tonasa Park, Danau Hijau Balocci, Taman Purbakala Sumpang Bita, Wisata Alam Hutan Mangrove Dewi Biringkassi, Wisata Alam Telaga Biru Segeri, dan Wisata Alam Sorongan.

Baca Juga : 10.000 Orang Hadiri Buka Puasa Akbar Pemprov Sulsel di Bone

Sementara di Kabupaten Barru, melintasi empat wisata alam, yakni Wisata Alam Pantai La Guna, Wisata Alam Lappa Laona, Wisata Alam Anjungan Sumpang Binangae, dan Wisata Alam Pantai Ujung Batu.

"Alhamdulillah, kereta Api Makassar - Parepare segmen Barru - Pangkep - Maros telah di-launching. Kini bisa dinikmati gratis oleh masyarakat sampai bulan Desember 2022," ungkap Andi Sudirman.

Diharapkan, kehadiran kereta api ini bukan hanya membangkitkan perekonomian, tetapi juga sektor pariwisata. "Jadi, nantinya kereta ini melayani penumpang, untuk wisata, dan barang. Kita berharap dapat menggeliatkan pariwisata, yang bermuara pada perekonomian masyarakat," ucap Andi Sudirman.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Dukung Gerakan Sedekah Pohon

"Selama menaiki kereta api ini, kami disuguhi sejumlah wisata panorama alam. Seperti di Maros, kita dapat melihat kawasan bentangan alam yang berupa deretan pegunungan Karst," imbuhnya.

"Mari-ki naik kereta api, lihat keindahan sejumlah wisata alam andalan di Maros, Pangkep, dan Barru," pintanya.

#Pemprov Sulsel #Kereta Api Makassar-Parepare #Budi Karya Sumadi #Andi Sudirman Sulaiman