Senin, 28 November 2022 11:19

Survei Indikator Politik Indonesia: TNI Institusi Paling Dipercaya Publik, Polri Melorot

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Tempo/Suryo Wibowo)
Ilustrasi. (Foto: Tempo/Suryo Wibowo)

Hasil survei opini publik terbaru menyatakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjadi institusi yang paling dipercaya oleh publik. Temuan opini publik itu dirilis oleh lembaga survei Indikator Politik Indonesia.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil temuan opini publik terbaru terkait kinerja institusi penegak hukum di mata publik.

Dalam survei itu menyatakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjadi institusi yang paling dipercaya publik. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan TNI memiliki tingkat kepercayaan paling tinggi dari publik mencapai 92,9 persen.

 

Survei itu dilakukan pada 30 Oktober hingga 5 November 2022 dengan mewawancarai 1.220 responden secara tatap muka. Survei itu juga memiliki toleransi kesalahan sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga : Polri Kembali Gelar Hoegeng Awards, Ada Lima Ketegori

"Kepercayaan publik terhadap lembaga negara termasuk institusi penegakan hukum dan demokrasi itu paling tinggi masih dipegang oleh TNI," kata Burhanuddin, Ahad (27/11/2022).

Burhanuddin memaparkan, posisi kedua yang dipercaya responden adalah presiden dengan tingkat kepercayaan 88,4 persen. Lalu, posisi berikutnya disusul oleh Mahkamah Agung (MA) yang mendapat kepercayaan dari responden sebanyak 80,4 persen.

"Kedua adalah Presiden dan MA," ungkapnya.

Baca Juga : Jelang Pemilu, Kemenkumham Sulsel Bersinergi Dengan Polri dan TNI Beri Penguatan Jajaran UPT

Sementara, institusi Polri menjadi lembaga nomor kedua dari bawah yang dipercaya oleh publik. Survei Indikator Politik Indonesia menyatakan Polri hanya mendapatkan tingkat kepercayaan dari responden yakni 60,5 persen dan 33,2 persen tidak dipercaya sama sekali.

Sponsored by MGID

"Sekarang polisi melorot, hanya sedikit di atas partai politik," ujar Burhanuddin.

Sumber: VOA Indonesia

#TNI #Polri #Indikator Politik Indonesia