Kamis, 17 November 2022 17:11

Program Pendampingan UMKM Bisa Oleh PT Astra Internasional Beri Dampak Positif

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peserta UMKM binaan PT Astra Agro Lestari hadiri kegiatan closing dan awarding UMKM Bisa PT Astra Internasional tahun 2022 di Hotel Ibis Styles Sunter, Jakarta Utara.
Peserta UMKM binaan PT Astra Agro Lestari hadiri kegiatan closing dan awarding UMKM Bisa PT Astra Internasional tahun 2022 di Hotel Ibis Styles Sunter, Jakarta Utara.

Total dari 100 UMKM yang mendaftar, terseleksi 60 UMKM ditetapkan Astra Internasional mengikuti program pembinaan dan pendampingan secara online sejak bulan Juni 2022.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Program pemberdayaan dan peningkatan mutu serta kualitas usaha kecil dan menengah (UMKM) digagas PT Astra Internasional (AI) melalui program pendampingan UMKM Bisa tahun 2022 memberi efek dan dampak positif peserta UMKM.

Total dari 100 UMKM yang mendaftar, terseleksi 60 UMKM ditetapkan Astra Internasional mengikuti program pembinaan dan pendampingan secara online sejak bulan Juni 2022.

Sementara 11 UMKM diantaranya merupakan binaan PT Astra Agro Lestari tersebar di 3 area, yakni di Pulau Sumatera (Andalas), Kalimatan (Borneo), dan Sulawesi (Celebes).

Baca Juga : Lantik UMKM Squad, Sofha Marwah Bahtiar Minta Perbanyak Promosi di Sosial Media

Pembinaan yang dilakukan oleh Astra International sejak bulan Juni tahun 2022 mencapai puncaknya pada tanggal 7-9 November 2022 dengan mengundang perwakilan dari 60 peserta UMKM binaan ke Jakarta untuk menghadiri kegiatan closing dan awarding UMKM Bisa tahun 2022 di Hotel Ibis Styles Sunter, Jakarta Utara.

Ke 11 UMKM binaan PT Astra Agro Lestari yang mengikuti acara tersebut;

1. UMKM Satria Muda Maju, Desa Pandansari, binaan PT PLB dengan produk olahan ikan lele (kerupuk lele).
2. UMKM MPA Lubuk Bungkuk, Kelurahan Kerumutan, binaan PT SLS dengan produk olahan ikan asap.
3. Kelompok Tani Pemuda Tani Bersatu, Desa Pangkalan Pisang, binaan PT KTU dengan produk olahan pisang (keripik pisang).
4. UMKM Berkah Serah Wangi, Desa Pematang Kabau, binaan PT SAL1 dengan produk olahan tanaman sereh wangi (sabun cuci, minyak urut, parfum).
5. UMKM Pemuda Mandiri, Desa Pangkut, binaan PT SINP dengan produk olahan ikan patin (kerupuk ikan patin).
6. UMKM Dapur Ben's Laris, Desa Beruta, binaan PT NAL dengan produk olahan pangan (abon haruan, minyak ikan, selondok, kerupuk poco-poco).
7. UMKM Teratai, Desa Beruta, binaan PT NAL dengan produk olahan stik ikan nila.
8. UMKM Teratai Putih, Desa Lori, binaan PT BIM dengan produk olahan makanan (amplang, kerupuk dan abon).
9. UMKM Bikar Mandiri, Desa Petumbea, binaan PT CAN dengan produk olahan biji karet (coklat biji karet).
10. UMKM Khaerunnisa, Desa Petumbea, binaan PT CAN, produk olahan sagu (kue bagea dan kue air).
11. UPI Harapan Sukses, Desa Dapurang, binaan PT SRL 1, produk olahan ikan dan jagung (keripik ikan dan keripik jagung).

Baca Juga : Begini Kata Kepala OJK Sulselbar Darwisman tentang Pengelolaan Keuangan UMKM

Kegiatan closing dan awarding UMKM Bisa tahun 2022 tersebut, 2 UMKM binaan PT Astra Agro Lestari masuk ke dalam UMKM Pramandiri Astra International yaitu UMKM Bikar Mandiri, Desa Petumbea, Kecamatan Lembo Raya, Kabupaten Morowali Utara, Provinsi Sulawesi Tengah merupakan binaan dari PT Cipta Agro Nusantara (CAN) dengan produk olahan biji karet (coklat biji karet) dan UMKM Teratai Putih, Desa Lori, Kecamatan Tanjung Harapan, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur merupakan binaan PT Borneo Indah Marjaya (BIM) dengan produk makanan amplang, kerupuk dan abon.

Salah satu peserta UMKM Binaan PT CAN, Irma Patodo ucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada PT Astra Agro Lestari khususnya ke anak perusahaan yaitu PT Cipta Agro Nusantara atas perhatian dan pembinaan selama ini ke UMKM Bikar Mandiri sehingga dapat lolos seleksi dan mengikuti program pembinaan dan pendampingan UMKM Bisa Tahun 2022 dari Astra International.

Menurutnya, dalam proses pembinaan dan pendampingan yang telah dilakukan UMKM Bisa tahun 2022 oleh Astra International selama 6 bulan secara online, banyak ilmu dan pengetahuan didapatkannya terkait proses pengelolaan UMKM untuk peningkatan dan pengembangan usaha yang dijalankannya.

Baca Juga : Berdayakan Puluhan Ribu UMKM, IDE by Indosat Business Optimalkan Platform Digital

"Saya mewakili teman-teman dari UMKM Bikar Mandiri menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada PT Astra Agro Lestari khususnya ke PT Cipta Agro Nusantara telah membina dan mendampingi kami dalam proses pengelolaan UMKM," tutur Irma.

Kata dia, sehingga UMKM kami ini bisa masuk dalam program pembinaan dan pendampingan UMKM Bisa tahun 2022 diselenggarakan oleh Astra International.

Tentunya, masih kata Irma, ilmu yang kami telah dapatkan selama proses pembinaan dan pendampingan ini sangat bermanfaat untuk kemajuan usaha UMKM kami.

Baca Juga : UMKM Asal Gowa Jadi Pemenang Pangan Award 2023

"Saya juga sangat senang sekali karena UMKM Bikar Mandiri ini masuk dalam UMKM Pramandiri Astra International. Terima kasih Astra," katanya.

Senada perwakilan UMKM Harapan Sukses dari Desa Dapurang, Kecamatan Dapurang, Kabupaten Pasangkayu, Privinsi Sulawesi Barat yang merupakan UMKM binaan dari PT. Suryaraya Lestari 1 (SRL1), Nasrullah menyampaikan, dengan adanya awarding UMKM Bisa Astra International dilaksanakan di Jakarta, merupakan suatu bentuk perhatian dan apresiasi kepada pelaku UMKM binaan Astra International yang telah mengikuti program pembinaan dan pendampingan UMKM Bisa Astra International.

"Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Astra International telah menyelenggarakan kegiatan atau program pembinaan dan pendampingan UMKM Bisa tahun 2022 ini," papar Nasrullah dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga : Bank OCBC NISP Ajak Pengusaha UMKM #BeraniNaikLevel dengan Layanan Bisnis Fitness Solution dari Nyala Bisnis

Ia menyatakan, dengan adanya awarding UMKM Bisa tahun 2022 dari Astra International, merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kami selaku pelaku UMKM di daerah, karena dengan program yang telah kami ikuti ini banyak sekali ilmu dan pengalaman kami dapatkan.

"Bukan itu saja, dengan adanya sharing pengalaman dan diskusi dengan UMKM yang lain, membuat saya termotivasi dan mendapatkan ilmu baru dari teman-teman palaku UMKM dari berbagai daerah," ujar Nasrullah.

Nasrullah juga ucapkan terima kasih kepada PT Surya Raya Lestari 1 merupakan anak perusahaan PT Astra Agro Lestari yang selama ini telah melakukan pembinaan dan pendampingan ke UMKM Harapan Sukses.

Baca Juga : Bank OCBC NISP Ajak Pengusaha UMKM #BeraniNaikLevel dengan Layanan Bisnis Fitness Solution dari Nyala Bisnis

"UMKM kami ini dapat masuk dalam program UMKM Bisa Tahun 2022 dari Astra International. Semoga ke depannya kegiatan seperti ini tetap ada," harapnya.

#PT Astra Internasional (AI) #PT Astra Agro Lestari #umkm