Rabu, 16 November 2022 11:45

Utusan Parepare Borong Piala Lomba Berbahasa Daerah, Erna Rasyid Taufan Ucapkan Selamat

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Utusan Parepare Borong Piala Lomba Berbahasa Daerah, Erna Rasyid Taufan Ucapkan Selamat

"Selamat buat anak-anak kita yang telah berhasil mengharumkan nama Parepare di tingkat Sulsel. Kalian hebat, luar biasa pahlawan kearifan lokal. Terima kasih juga kepada semua yang sudah terlibat mengharumkan nama Parepare di tingkat Sulsel," kata Erna Rasyid Taufan.

RAKYATKU.COM, PAREPARE -- Pemerintah Kota Parepare di bawah nakhoda Wali Kota, HM Taufan Pawe kini menikmati buah atas komitmen dalam pemajuan dan pelestarian bahasa ibu (bahasa daerah).

Pada Festival Tunas Bahasa Ibu jilid II tahun 2022, kota kecil bertajuk Kota Cinta BJ Habibie ini kembali mengukir prestasi dengan memborong piala pada semua cabang lomba yang diadakan oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan, baik tingkat SD maupun SMP.

Dalam lomba mendongeng misalnya, utusan terbaik sebagai peraih juara I di tingkat Kota Parepare ini berhasil meraih juara I kategori putra dan juara III kategori putri pada jenjang SMP. Sedangkan di jenjang SD berhasil meraih juara II kategori putra.

Baca Juga : Makan Diberi Tetangga, Kisah Haru Nenek Sakit Stroke di Kota Parepare Hidup Sendiri

Selanjutnya pada lomba puisi Bugis mampu meraih juara 3 kategori putri, dan juara harapan I putra di tingkat SMP, serta juara III puisi putra tingkat SD.

Sementara, pada lomba Pidato Bugis, mampu meraih juara II tingkat SMP dan SD putra, dan harapan I tingkat SD kategori putri.

Pada jilid II ini, Balai Bahasa Provinsi Sulsel juga menggelar lomba stand up Comedy Bugis kategori guru SD. Pada lomba ini, Parepare berhasil meraih juara I.

Baca Juga : Hadiri Rakorda PKK Sulsel, Erna Rasyid Taufan Harap Semangat Kader Tak Kendor

Komitmen memberikan perhatian penuh dalam pelestarian bahasa daerah yang diwujudkan Parepare ini juga ditunjukkan oleh istri Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, Erna Rasyid Taufan.

Mulai kegiatan lokakarya, pelaksanaan lomba, melepas peserta, hingga memfasilitasi dan mengecek transportasi ditunjukkan oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Parepare ini pada perhelatan Festival Tunas Bahasa Ibu yang digelar 8-11 November 2022 (tingkat SD) dan 13-16 November 2022 (tingkat SMP).

"Melestarikan bahasa daerah adalah tugas kita bersama, bukan hanya di lingkungan pendidikan, tetapi juga keluarga, dan masyarakat," ujar Srikandi yang menggagas sehari dalam sepekan berbahasa daerah di grup WhatsApp PKK Kota Parepare ini.

Baca Juga : Erna Taufan Bawa Hikmah Maulid dan Kukuhkan Majelis Taklim di SDN 34 Parepare

"Selamat buat anak-anak kita yang telah berhasil mengharumkan nama Parepare di tingkat Sulsel. Kalian hebat, luar biasa pahlawan kearifan lokal. Terima kasih juga kepada semua yang sudah terlibat mengharumkan nama Parepare di tingkat Sulsel," kata dia.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Mustadirham.

"Terima Kasih buat anak-anak hebat, guru hebat, kepala sekolah hebat, dan orang tua hebat yang telah mengharumkan nama Kota Parepare pada Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Puisi, Pidato, Mendongeng Bahasa Daerah Bugis SD/SMP Tingkat Provinsi Sulsel 2022," ucapnya.

Baca Juga : Erna Rasyid Taufan Ceramah Bahas Peradaban Islam, Nabi Muhammad Saw Sebagai Khalifah

Penyerahan hadiah berupa plakat uang pembinaan dan piala pada juara lomba mendongeng diserahkan oleh Kepala Balai Bahasa Sulsel, Drs. Yani Prayono.

Sedangkan hadiah lomba pidato Bugis diserahkan oleh Prof. Dr. Muhlis Hadrawi, dan lomba puisi diserahkan Dr. Asia Ramli Prapanca, Dosen UNM yang juga Koordinator Juri Puisi.

Adapun prestasi membanggakan yang ditorehkan oleh kontingen Parepare yaitu sebagai berikut.

Baca Juga : Dekranasda Parepare Gelar Moeslem Fashion Week 2023

Tingkat SD

1. Juara 1 Stand Up Komedi kategori Guru SD (Muhlis_SD 47 Parepare)

2. Juara 2 Pidato Putra (Afif Ramadhan-SD 71 Parepare)

Baca Juga : Dekranasda Parepare Gelar Moeslem Fashion Week 2023

3. Juara 2 Mendongeng Putra (Muh. Athar Nhausad Arif-SD 47)

4. Juara 3 Puisi Putra (Muh.Baqir Husein-SD 30)

5. Juara 1 Harapan Pidato Putri (Qonita Rihaadatul Aisyah-SD 5 Parepare)

Baca Juga : Dekranasda Parepare Gelar Moeslem Fashion Week 2023

Tingkat SMP:

1. Juara 1 Mendongeng putra (Fadhil Amir_SMP 2 Parepare)

2. Juara 2 Pidato putri (Tsuraiyyah_SMP 2 Parepare)

Baca Juga : Dekranasda Parepare Gelar Moeslem Fashion Week 2023

3. Juara 3 Mendongeng putri (Awaliyah_SMP 9 Parepare)

4. Juara 3 Puisi putri (Kirana Eka Salsabila_SMP 2 Parepare)

5. Juara 1 Harapan Puisi putra (Fachri_SMP 1 Parepare).

#Ketua TP PKK parepare #erna rasyid taufan