Senin, 14 November 2022 20:25

YHK-BPPAUD Lanjutkan Percepatan Akreditasi PAUD di Kendari

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
YHK-BPPAUD Lanjutkan Percepatan Akreditasi PAUD di Kendari

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan ilmu dan pengetahuan tentang proses akreditasi sekolah tingkat PAUD hingga mendapatkan status mandiri.

RAKYATKU.COM, KENDARI - Setelah di Kota Makassar, Yayasan Hadji Kalla (YHK) bersama Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (BPPAUD) melanjutkan program percepatan akreditasi PAUD di Kota Kendari. Jumlah sekolah yang dibantu berjumlah 12 sekolah.

Program pelatihan dilaksanakan di Aula Kerja Gedung BPPAUD Sulawesi Tenggara, Kota Kendari, Senin (14/11/2022).

Peserta yang ikut dalam program ini mulai dari kepala sekolah, guru maupun operator sekolah dari masing-masing PAUD.  

Baca Juga : KALLA Siapkan Dana Hingga Rp40 Miliar Untuk Corporate Social Activities Program Sepanjang Tahun 2024 Melalui Yayasan Hadji Kalla

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan ilmu dan pengetahuan tentang proses akreditasi sekolah tingkat PAUD hingga mendapatkan status mandiri.

Kegiatan ini turut dihadiri Muh. Ridwan, selaku Ketua BAN PAUD dan PNF Sulsel, Dr. Muh. Saifuddin Saranani selaku Ketua BAN PAUD dan PNF Sultra dan  Suharto Parai selaku Manager Bidang Educare YHK.

Ketua BAN PAUD dan PNF Sulsel, Muh. Ridwan, menuturkan bahwa dengan adanya pelatihan pendampingan ini, maka sekolah-sekolah PAUD yang ada di Kota Kendari dan sekitarnya bisa semakin sadar akan pentingnya status akreditas.

Baca Juga : KALLA Siapkan Dana hingga 40 Milyar untuk Corporate Social Activities Program Sepanjang Tahun 2024

Sehingga menurutnya setiap sekolah bisa lebih mudah mendapatkan bantuan dari pemerintah maupun dari pihak-pihak terkait lainnya.

Dr. Muh. Saifuddin Saranani selaku Ketua BAN PAUD dan PNF Sultra yang menjadi pemateri dalam pelatihan ini menyampaikan bahwa ada 6 tahap yang harus dilalui oleh sekolah hingga bisa mencapai akreditasi.

Prosesnya antara lain, penetapan sasaran sekolah, sosialisasi dan penyampaian perangkat akreditasi, pengisian dan pengiriman instrumen akreditasi, penetapan kelayakan sekolah dan penugasan asesor, visitasi ke sekolah,  hingga validasi proses dan hasil visitasi. 

Baca Juga : Yayasan Hadji Kalla Dukung Pengembangan Kinerja Tenaga Pendidik

“Setelah melalui proses-proses tersebut, maka sekolah PAUD baru akan mendapatkan status akreditasinya,” ujarnya, singkat.

Sementara itu, Suharto Parai yang mewakili YHK menjelaskan, program ini menjadi salah satu instrumen penting yang menjadi bukti keseriusan YHK sebagai lembaga yang punya kepedulian besar terhadap status sekolah-sekolah PAUD. Tak terkecuali di Sulawesi Tenggara.

“Kita juga harapkan melalui program pelatihan ini, para kepala sekolah dan guru bisa semakin sadar akan pentingnya status akreditasi bagi sekolah tempat mereka mengabdikan dirinya di dunia pendidikan," pungkasnya. 

Baca Juga : Temu Kader Komunitas Kampung Hijau Energi Sebagai Penguatan Jejaring dan Evaluasi

Yayasan Hadji Kalla akan konsisten dalam menjalankan program ini untuk bisa menjangkau lebih banyak sekolah dan membantu untuk proses pendampingan dan akreditasi.

Penulis : Lisa Emilda
#Yayasan Hadji Kalla