Jumat, 11 November 2022 15:54

Tiga Institusi Teken MoU Persiapan Gabung Resque Centre Barru

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tiga Institusi Teken MoU Persiapan Gabung Resque Centre Barru

"Saya kira ini menjadi tugas bersama sehingga kerja-kerja ini tidak berat,"

RAKYATKU.COM, BARRU - Pemkab Barru mengambil langkah strategis terkait penyelamatan korban bencana yang membutuhkan penangan medis.

Pemkab Barru memfasilitasi kerja sama ini yang dituangkan dalam MoU antara UPT Rumah Sakit Umum La Patarai Barru, Badan Penanggulangan Bencana Barru dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Kelas A Makassar.

Perjanjian kerja sama ini disebut sebut yang pertamakalinya di Indonesia.Bupati Barru, Suardi Saleh, turut hadir dalam penandatangan MOU yang digelar di ruang kerja bupati Barru, Selasa (8/11/2022) kemarin.

Baca Juga : Upacara Hari Kesadaran Nasional di Barru, Ketua DPRD Minta Lupakan Konflik Pemilu

Keterangan Kepala Basarnas Propinsi Sulsel, Djunaidi, apa yang dilakukan Barru adalah yang pertama di Indonesia terkait penanda tanganan MoU dengan Basarnas.

Basarnas, sebut Djunaidi, siap sedia bekerja sama kapan saja. Ini karena Basarnas sudah terlatih soal penanganan korban. Apalagi dengan MoU ini sinergi Pemkab Barru dengan Basarnas makin terjalin dengan baik.

Bupati Barru, Suardi Saleh menyebutkan, soal penanganan bencana, subtansi sesungguhnya adalah saling mendukung saat melalukan penanganan.

Baca Juga : Bupati Barru Minta Percepatan Realisasi Proyek APBD 2024 dan Telusuri Bantuan Beras yang Hilang

Setiap ada kejadian terkait bencana tentu saja semua pihak turun tangan dalam hal penanganan. Institusi yang dilibatkan dalam MoU ini adalah lembaga-lembaga yang sudah siap turun tangan.

"Saya kira ini menjadi tugas bersama sehingga kerja-kerja ini tidak berat," ujarnya.

Tanpa MoU pun, ini sesungguhnya lembaga seperti Basarnas akan turun ke lapangan, seperti yang terjadi selama ini. Ini yang menjadi perhatiannya bagaimana semua bersinergi dalam hal penanganan bencana.

Baca Juga : Suardi Saleh Jabarkan Empat Instruksi Pj Gubernur Sulsel di Apel Perdana Pascalebaran

Di Barru tahun ini akan terbangun Rescue Centre. Gedung ini nanti akan tergabung rumah sakit BPBD, Satpol dan Basarnas. "Dengan keberaamaan ini penanganan kebencanaan makin ringan," ungkapnya.

Turut hadir dalam penanda tanganan MoU ini, Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi, Koordinator Pos Basarnas Parepare, Dadang Tarkas, Kepala BPBD, Umar, S.Sos, Direktur RSU Lapatarai, drg Ulfa Nurulhuda, Mars.

Yang lainnya, Kabag Pemerintahan, Andi Batara, SStp, Kasatpol PP, Andi Jalil Mappiare, Ketua Tim Akreditasi, dr Wahyudi, Koordinator Pokja AKP, Koordinator Pokja MFK dan Kepala Markas PMI, Askar.

Baca Juga : Bupati Barru Hadiri Halalbihalal KKAR, Tekankan Pentingnya Tradisi Silaturahmi

 

Penulis : Achmad Afandy
#suardi saleh #Pemkab Barru