Kamis, 10 November 2022 18:56

Momen Hari Pahlawan , Taufan Pawe Kenang Dua Pahlawan di Ajatappareng

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Momen Hari Pahlawan , Taufan Pawe Kenang Dua Pahlawan di Ajatappareng

“Harapannya, kita dapat meneladani apapun yang diperbuat oleh para pendahulu. Sehingga kita dapat memberikan kontribusi ke negara serta berbakti kepada masyarakat,”

RAKYATKU.COM,PAREPARE - Berbagai kegiatan dilakuka pada Hari Pahlawan 2022 di Parepare diantaranya tabur bunga di atas kapal di laut sekitar pelabuhan Cappa Ujung Parepare, Kamis (10/11/2022).

Tabur bunga itu dipimpin Walikota Parepare Taufan Pawe disusul Wakil Walikota Pangerang Rahim, Kapolres AKBP Andiko Wicaksono, Dandim 1405 Mallusetasi Letkol Inf Hastiar Hatta.

Acara diawali dengan hening cipta, peletakan karangan bunga, pelarungan bunga di laut dan pembacaan doa. Di momen hari pahlawan, Walikota Parepare Taufan Pawe mengenang dua pahlawan di kawasan Ajatappareng.

Baca Juga : Hadiri Musrenbang, Kaharuddin Kadir Serahkan Pokir DPRD Parepare

Keduanya yakni Andi Abdullah Bau Massepe dan Andi Makkasau Parenrengi Lawawo. Taufan menyebut dua pahlawan turut berperan penting memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Dua sosok pahlawan dari wilayah Ajatappareng yang turut mengantarkan masyarakat Indonesia menikmati kemerdekaan,” katanya.

TP menjelaskan Andi Abdullah Bau Massepe merupakan datu’ di kerajaan Suppa. Bau Massepe juga merupakan Panglima pertama TNI Divisi Hasanuddin serta pernah memimpin Kota Parepare.

Baca Juga : Buka Musrenbang RKPD Tingkat Kota, Akbar Ali Tekankan Keterlibatan Masyarakat

“Beliau juga dikenal sebagai koordinator perjuangan bagi pemuda di Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Sedangkan, Andi Makkasau itu dikenal sebagai orang yang pertama kali mengibarkan bendera merah putih di Lapangan Labukkang, Suppa.

"Semoga kita selalu menjadikan para pahlawan sebagai penyemangat dalam mengisi pembangunan,” ujarnya.

Baca Juga : Pemkot Parepare Raih Kuota Formasi CPNS 2024 Sebanyak 88 Kursi

Sementara itu, Kapolres Parepare AKBP Andiko Wicaksono mengatakan kegiatan ini untuk mengenang jasa para pahlawan.

“Kegiatan memperingati hari pahlawan 10 November 2022. Kami melaksanakan kegiatan pelarungan dan tabur bunga untuk mengenang jasa maupun arwah para pahlawan kita,” katanya.

Dia pun mengajak di momen Hari Pahlawan tahun 2022 untuk meneladani semangat juang yang diwariskan oleh para pahlawan.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali Berbagi Kebahagiaan di Panti Jompo

“Harapannya, kita dapat meneladani apapun yang diperbuat oleh para pendahulu. Sehingga kita dapat memberikan kontribusi ke negara serta berbakti kepada masyarakat,” pungkasnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #taufan pawe