Jumat, 28 Oktober 2022 18:39

Pelabuhan Penyeberangan Bangsalae Kini Sepenuhnya Milik Pemkab Wajo

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penandatanganan Naskah Perjanjian dan Berita Acara Serah Terima (BAST) Hibah Barang Milik Negara di Novotel, Jalan Gajah Mada, Jakarta, Kamis (27/10/2022).
Penandatanganan Naskah Perjanjian dan Berita Acara Serah Terima (BAST) Hibah Barang Milik Negara di Novotel, Jalan Gajah Mada, Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Seluruh hak dan kewajiban serta tanggung jawab kepemilikan Pelabuhan Bangsalae menjadi kewenangan sepenuhnya Pemkab Wajo.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Pelabuhan Penyeberangan Bangsalae kini diserahkan sepenuhnya ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo. Sebelumnya, aset yang berlokasi di Kelurahan Siwa, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, ini milik pemerintah pusat.

Kepemilikan sepenuhnya Pemkab Wajo atas Pelabuhan Penyeberangan Bangsalae ditandai Penandatanganan Naskah Perjanjian dan Berita Acara Serah Terima (BAST) Hibah Barang Milik Negara yang digelar di Novotel, Jalan Gajah Mada, Jakarta, Kamis (27/10/2022).

 

Dari pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI diwakili Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XIX Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, Ariyandi Ariyus, sementara Pemkab Wajo diwakili Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Andi Hasanuddin.

Baca Juga : Masuk Populasi Terbanyak di Sulsel, Pemkab Wajo Fokus Pengendalian dan Penanganan PMK di 2023

Kepala Dishub Wajo, Andi Hasanuddin, menjelaskan Pelabuhan Penyeberangan Bangsalae yang diserahkan senilai Rp23,83 miliar.

"Sejak ditandatanganinya Berita Acara Serah Terima kemarin, maka seluruh hak dan kewajiban serta tanggung jawab kepemilikan Pelabuhan Bangsalae menjadi kewenangan sepenuhnya Pemkab Wajo," kata Hasanuddin yang dikonfirmasi, Jumat (28/10/2022).

Hasanuddin pun atas nama pemerintah dan masyarakat Wajo menyampaikan terima kasih ke Kemehub RI, khususnya kepada Menhub RI, Budi Karya Sumadi, bersama jajaran, atas kepercayaannya menghibahkan Pelabuhan Bangsalae ke Pemkab Wajo.

Baca Juga : Serius Tangani PMK ke Hewan Ternak, Pemkab Wajo Dapat Bantuan dari Menteri Pertanian

Hasanuddin juga berharap dengan diserahkannya pelabuhan penyeberangan ini akan memberikan kontribusi bagi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Wajo. Sebab, kini segala jenis retribusi kepelabuhanan dikelola pemkab.

Sponsored by MGID

"Kami akan jaga, rawat, dan manfaatkan pelabuhan ini dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Hasanuddin.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Dinas Perhubungan Wajo #Kementerian Perhubungan #Pelabuhan Penyeberangan Bangsalae