Jumat, 28 Oktober 2022 09:00

Hari Sumpah Pemuda, Djusman AR Terus Suarakan dan Budayakan Anti Korupsi

Trio Rimbawan
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pegiat Anti Korupsi, Djusman AR.
Pegiat Anti Korupsi, Djusman AR.

"Hari Sumpah Pemuda sesungguhnya bukanlah setahun sekali, melainkan akan terus ada di setiap hari dalam perjalanan hidup generasi muda Bangsa Indonesia," kata Djusman.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Tanggal 28 Oktober adalah hari yang setiap tahun diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Peringatan tersebut untuk mengenang dan menghargai perjuangan para pahlawan/pemuda pendahulu kita saat berkongres.

Kongres Pemuda II yang diselenggarakan 27-28 Oktober 1928, berhasil melahirkan Sumpah Pemuda dengan menyatukan keyakinan para pemuda dari berbagai latar belakang daerah, suku, dan agama. Dengan rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi, para pemuda Indonesia mampu membangkitkan rasa nasionalisme dan kebangsaan.

 

Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang digelar hari ini mendapat tanggapan dari sejumlah pihak, salah satunya dari Aktivis Anti Korupsi.

Baca Juga : Berpakaian Adat Nusantara, Peringatan Sumpah Pemuda di Luwu Utara Berlangsung Khidmat

Pegiat Anti Korupsi Djusman AR mengatakan hakikatnya semangat Sumpah Pemuda tidak diperingati sekali dalam setahun, tetapi akan selalu berada dalam jiwa setiap pemuda.

"Hari Sumpah Pemuda sesungguhnya bukanlah setahun sekali, melainkan akan terus ada di setiap hari dalam perjalanan hidup generasi muda Bangsa Indonesia," kata Djusman kepada wartawan, Kamis (28/10/2022).

Djusman AR yang familiar dengan sapaan Bang Djus dikenal sebagai Aktivis Anti Korupsi yang garang memerangi korupsi.

Baca Juga : Momentum Hari Sumpah Pemuda, Gubernur Sulsel Ajak Tingkatkan Kualitas Diri

Eksistensinya tak hanya dalam bentuk upaya penindakan atau pelaporan dugaan perkara korupsi ke lembaga penegak hukum tapi juga bergerak pada upaya pencegahan hingga intens menghadiri undangan sebagai pemateri berkait Anti Korupsi, baik di stasiun TV, Kampus, Birokrasi hingga organisasi kepemudaan dan keormasan.

Sponsored by MGID

Diketahui Publik, Djusman mengomandoi beberapa lembaga diantaranya selaku Koordinator Forum Komunikasi Lintas (FoKaL) NGO Sulawesi dan Koordinator Badan Pekerja Komite Masyarakat Anti Korupsi (KMAK) Sulselbar serta Direktur Lembaga Peduli Sosial Ekonomi Budaya Hukum & Politik (LP-SIBUK) Sulsel.

Ia menegaskan sikap pemuda itu pemberani dalam menghadapi tantangan dan tegas dalam mengambil keputusan.

Baca Juga : Hari Sumpah Pemuda, Taufan Pawe Puji Kolaborasi Pemuda Parepare

"Tegas, lugas, dan berani, itulah kita pemuda. Negara ini berdiri karena seluruh pemudanya bersatu, bahkan seandainya Indonesia tidak pernah ada, pemuda kita akan tetap bersatu," tegas Djusman AR.

Dirinya mengajak kepada seluruh pemuda di Indonesia untuk menjaga semangat perjuangan para pendahulu, seperti mencegah dan melaporkan tindak pidana korupsi demi bangsa dan negara Indonesia.

"Mari terus menjaga sejarah para pendahulu kita sebagai elemen bangsa yang selalu turun tangan dalam menjawab segala permasalahan bangsa kita. Melawan korupsi dan menciptakan sebanyak-banyaknya karya untuk kejayaan bangsa kita," ajaknya.

Baca Juga : Upacara Sumpah Pemuda di Barru Berlangsung Khidmat walau Hujan

Maka dari itu dirinya mengucapkan selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 September 2022.

"Selamat Hari Sumpah Pemuda. Terus bergerak memerangi Korupsi. Mari budayakan Anti Korupsi mulai dari diri sendiri. Mulailah dari hal yang kecil. Mulailah dari sekarang. Jangan tunda dan jangan pernah diam apalagi berhenti. #SalamPemudaAntiKorupsi,” tutup Djusman AR.

#Hari sumpah pemuda #Djusman AR #Penggiat Anti Korupsi