Sabtu, 15 Oktober 2022 13:32

Buka Muscab II Persakmi Parepare, Taufan Pawe Sebut SKM Multifungsi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Musyawarah Cabang (Muscab) II Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Parepare di Gedung Balai Ainun Habibie, Sabtu (15/10/2022).
Musyawarah Cabang (Muscab) II Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Parepare di Gedung Balai Ainun Habibie, Sabtu (15/10/2022).

Taufan Pawe menyebut, eksistensi para sarjana kesehatan masyarakat (SKM) sudah teruji. Pada masa pandemi Covid-19, para SKM punya peran tinggi mengabdi untuk masyarakat.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, membuka Musyawarah Cabang (Muscab) II Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Parepare di Gedung Balai Ainun Habibie, Sabtu (15/10/2022).

Dihadiri 120 anggota Persakmi Parepare, muscab mengangkat tema Pembangunan Kesehatan Lebih Maju dan Unggul di Kota Parepare Melalui Peningkatan Kapasitas dan Profesionalisme.

Ketua panitia, Irnawati Amir, dalam laporan kegiatannya menyampaikan muscab dilaksanakan merupakan kali kedua setelah yang pertama pada 2015 lalu.

Baca Juga : Pemkot Parepare Gelar Hala Bihalal Usai Libur Panjang Lebaran

"Tujuan musyawarah ini untuk memilih kepengurusan Persakmi periode 2022- 2026 dan merumuskan langkah strategi para sarjana kesehatan masyarakat dalam memajukan pembangunan kesehatan di Kota Parepare," kata Irnawati.

Ketua Persakmi Cabang Parepare, Muhammad Idris, menuturkan kepengurusan nantinya akan hadir berkontribusi sebagai organisasi yang lebih intens dalam melakukan aktivitas memajukan pembangunan kesehatan.

Sementara itu, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, pada awal sambutannya sebelum buka kegiatan menyampaikan rasa bangga hadir di Muscab Persakmi Cabang Parepare.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Sampaikan Duka Cita Atas Terjadinya Bencana Longsor di Tana Toraja

Eksistensi para sarjana kesehatan masyarakat (SKM), kata Wali Kota Parepare dua periode ini, sudah teruji. Pada masa pandemi Covid-19, para SKM punya peran tinggi mengabdi untuk masyarakat.

"Sarjana kesehatan masyarakat ini bisa berfungsi di mana pun. Bukan hanya di rumah sakit, puskesmas, dan klinik. Pada tata kelola pemerintahan juga hadir. Bisa bermanfaat dari semua sisi kehidupan tanpa terkecuali," puji Taufan.

Ketua DPD Golkar Sulsel ini berpesan, kehadiran pengurus Persakmi Cabang Parepare yang terbentuk nantinya diharapkan dapat berkontribusi lebih memberikan hak dasar kepada masyarakat dalam layanan kesehatan prima.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali Lepas Rombongan Mudik Gratis ke Kalimantan

"Marilah memilih kepengurusan dalam musyawarah ini yang nantinya dapat dipandang profesional dalam tugasnya, menjadi wadah yang dapat menjadi suri teladan yang aktif melakukan kegiatan layanan kesehatan masyarakat," harapnya.

Pada akhir sambutannya, wali kota bergelar doktor hukum ini mengajak para SKM agar terus melanjutkan pendidikannya untuk mendapatkan lmu yang lebih profesional.

"Lanjutkan pendidikan formal hingga magister kesehatan S2 dan bahkan S3 karena sesungguhnya ilmu komprehensif ada pada sarjana kesehatan," pesannya.

Baca Juga : Akbar Ali Pimpin Jajaran Pemkot Parepare Halal bihalal Bersama PJ Gubernur Sulsel

Taufan hadir buka Muscab Persakmi Parepare didampingi Asisten 3, staf ahli, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Andi Makkasau, Direktur RS dr. Hasri Ainun Habibie, serta jajaran perwakilan pimpinan perangkat daerah dan organisasi kesehatan.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #taufan pawe #Persakmi Cabang Parepare