Rabu, 12 Oktober 2022 13:29

Pelajar SMA-SMK di Barru Ramaikan Kirab Pelajar Andalan, Ini Pesan Suardi Saleh

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pelapasan kirab pelajar andalan oleh Bupati Barru, Suardi Saleh, di halaman Kantor Bupati Barru, Rabu (12/10/2022).
Pelapasan kirab pelajar andalan oleh Bupati Barru, Suardi Saleh, di halaman Kantor Bupati Barru, Rabu (12/10/2022).

Suardi Saleh mengucapkan syukur dan bahagia karena acara penerimaan kirab pelajar andalan ini bisa terlaksana dengan aman, lancar, dan tiba di Kabupaten Barru.

RAKYATKU.COM, BARRU - Kirab pelajar andalan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-353 Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) disambut meriah pelajar SMA/SMK di Kabupaten Barru, Rabu (12/10/2022).

Kirab pelajar andalan di Barru berjalan melewati halaman Kantor Bupati Barru sebelum akhirnya diserahkan ke kabupaten tetangga, yakni Pangkep.

Bupati Barru, Suardi Saleh, menjadi pembina apel penerimaan kirab pelajar andalan sekaligus melakukan penyerahan bendera ikrar pelajar andalan kepada Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Sulsel, Baharuddin Iskandar.

Baca Juga : KKN Angkatan XXV STAI Al Gazali Barru Gelar Seminar Program Kerja di Desa Palakka

Suardi mengucapkan syukur dan bahagia karena acara penerimaan kirab pelajar andalan ini bisa terlaksana dengan aman, lancar, dan tiba di Barru. Menurutnya, kirab pelajar ini tidak hanya seremonial, tetapi dapat dimaknai sebagai pesan untuk para pelajar.

"Kita berharap dapat menjaga potensi pelajar agar terus berkembang. Harapan kita, semoga di antara pelajar Barru ada yang menjadi bupati, kepala dinas pendidikan, karena harus ada estafet kepemimpinan untuk generasi berikutnya," tuturnya di hadapan peserta kirab.

Untuk meraih prestasi, lanjut Suardi, dengan cara dengan belajar yang baik, tekun dalam proses, dan tanamkan diri cinta tanah air.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

"Kita berharap akan terlahir pelajar Pancasila karena sekarang dunia tanpa sekat dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat," ungkapnya.

Melanjutkan sambutannya, Suardi menyampaikan pesan prinsip hidup dalam bahasa Bugis untuk dipegang teguh oleh pembaca ikrar pelajar yang akan dibacakan nanti di tiap sekolah yang dilewati.

"Napoada timu, naettokengngi ati, napogaui lanro ale (diucapkan dengan mulut, diiyakan dengan hati, dan dilaksanakan dengan perbuatan). Kalau mau negara ini aman, maka pegang teguh prinsip ini dan ikrar ini harus dipatuhi oleh siswa yang merupakan penerus generasi masa depan bangsa," ujarnya.

Baca Juga : Bupati Barru Serahkan SK Pensiun Bagi 73 PNS dan SK Baru PPPK Bagi 145 Orang

Kirab andalan pelajar Sulsel mengusung tema Bersama Kita Bangkit Untuk Sulawesi Selatan dan moto Bersatu Merajut Persaudaraan Pelajar Andalan untuk Sulawesi Selatan Maju.

Adapun rute yang dilalui kirab pelajar andalan, yakni rute Andalan 2 (utara) yang meliputi Luwu Timur - Luwu Utara - Palopo - Soppeng - Wajo - Sidrap - Parepare - Barru - Pangkep - Maros - Makassar.

#Pemkab Barru #suardi saleh #HUT Ke-353 Sulsel