Selasa, 11 Oktober 2022 19:46

Yayasan Hadji Kalla Bantu Korban Kebakaran di Tallo dan Bontoala

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Yayasan Hadji Kalla Bantu Korban Kebakaran di Tallo dan Bontoala

Bantuan yang diberikan berupa kompor, selang regulator dan gas elpiji. 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR  - Yayasan Hadji Kalla (YHK) melalui Bidang Kemanusiaan dan Lingkungan menyalurkan bantuan peralatan masak untuk korban terdampak kebakaran di wilayah Kecamatan Tallo dan Kecamatan Bontoala, Kota Makassar, Selasa (11/10/2022).

Bantuan yang diberikan berupa kompor, selang regulator dan gas elpiji. Bantuan tersebut dipilih dengan melihat kondisi warga yang sangat membutuhkan peralatan masak pasca tragedi kebakaran.

 

Semuanya pun disalurkan langsung ke posko induk pengungsian, lalu ke warga oleh tim YHK didampingi oleh pemerintah setempat.

Baca Juga : YHK Bersama Kalla Institute Gelar Workshop Kepada 87 Penerima Beasiswa

Jumlah korban yang ada di wilayah Kecamatan Tallo sendiri sebanyak 38 Kepala Keluarga dan menghanguskan lebih dari 35 rumah, termasuk rumah salah satu Ketua RW.

Sementara itu, kebakaran di wilayah Kecamatan Bontoala menghanguskan 14 rumah. Sehingga total unit bantuan kompor YHK sebanyak 49 pasang, sesuai dengan jumlah rumah korban yang tedampak.

Salah seorang korban terdampak kebakaran di Jalan Kangkung Bontoala, Usman, mengapresiasi YHK yang telah membawakan bantuan tersebut. Menurutnya, memang peralatan masak yang  paling dibutuhkan oleh warga. 

Baca Juga : Masjid Raya Bukit Baruga Kini Punya Ambulance

“Saya dan beberapa warga di sini, setelah kebakaran itu memang sangat kesusahan, apalagi untuk memasak. Kita cuma bergantung di dapur umum untuk makan dan itu tidak maksimal, banyak warga yang kadang tidak dapat. Sekarang ada bantuan kompor dari Yayasan Kalla dengan gas elpiji tiga kilonya. Kami sangat bersyukur, bisa masak lagi secara mandiri," jelasnya.

Sponsored by MGID

Sementara itu, Muhammad Yunus selaku Lurah Bontoala, menjelaskan, sebelumnya warganya cukup kesulitan untuk bertahan karena memang hampir semua harta bendanya habis terbakar.

“Alhamdulillah sekarang sudah berangsur membaik setelah banyak bantuan yang masuk dari para dermawan, termasuk dari Yayasan Hadji Kalla,” ujar Yunus.

Baca Juga : Wabup Luwu Utara Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Desa Teteuri

Rahmawati selaku Ketua Posko Bantuan Kebakaran di Kecamatan Tallo menambahkan, bantuan ini sudah sangat tepat. Peralatan yang dibutuhkan warga saat ini memang untuk keperluan memasak.

"Sudah banyak bantuan logistik yang masuk tapi bingung kita bagaimana cara masaknya karena memang peralatan masak semua habis terbakar. Akhirnya hari ini ada dari Yayasan Kalla yang membawa kompor lengkap dengan tabung gasnya. Kita sangat bersyukur, terutama para ibu yang akhirnya bisa masak kembali," ungkapnya.

Sementara itu, Jumadi selaku Staf Bidang Kemanusiaan dan Lingkungan YHK, berharap, bantuan ini bisa digunakan oleh para warga dalam jangka waktu yang lama. Dapat dimanfaatkan selama warga masih berada dalam keadaan darurat pasca kebakaran hingga keadaan berangsur pulih dan rumah mereka bisa kembali normal setelah renovasi.

Baca Juga : Ringankan Beban Korban Kebakaran, Dinsos P2KBP3A Wajo Langsung Salurkan Bantuan

"Peralatan berupa kompor dan gas elpiji ini dipandang sebagai komponen penting yang bisa membantu para warga selama dalam keadaan darurat," jelasnya.

Penulis : Lisa Emilda
#Yayasan Hadji Kalla #kebakaran