Senin, 10 Oktober 2022 13:16

Bersiap Turun Sawah, Bupati Barru Mappalili Bersama Warga Cilelleng

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh.
Bupati Barru, Suardi Saleh.

Mappalili atau palili adalah upacara adat yang diadakan tiap satu kali setahun ketika akan memasuki musim tanam padi.

RAKYATKU.COM, BARRU - Warga Desa Cilellang, Kecamatan Malkusetasi, Kabupaten Barru, menggelar acara Mappalili persiapan turun sawah musim tanam 2022/2023 di salah satu rumah warga, Senin (10/10/2022).

Kegiatan ini dihadiri Bupati Barru, Suardi Saleh, dan Anggota DPR RI, Hasnah Syam. Suardi mengapresiasi kegiatan Mappalili tingkat desa ini.

Dia mengucap hormat kepada seluruh warga dan tokoh masyarakat Desa Cilellang karena sudah hadir dalam rangka rembuk bersama pemangku adat.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

"Kita berharap kuantitas panen sawah bisa bertambah dikarenakan saat sekarang ini lahan sawah tidak akan bertambah, cetak sawah sekarang susah, makanya kita akali dengan pupuk berimbang dan optimalisasi pengairan," ungkap Suardi.

Mappalili atau palili adalah upacara adat yang diadakan tiap satu kali setahun ketika akan memasuki musim tanam padi.

Mappalili menjadi acara ritual adat yang masih dipertahankan hingga saat ini. Ritual adat ini menjadi daya tarik tersendiri masyarakat di dalam dan di luar daerah Barru.

Baca Juga : Bupati Barru Serahkan SK Pensiun Bagi 73 PNS dan SK Baru PPPK Bagi 145 Orang

"Ada dua pendapat yang diambil untuk dimusyawarahkan dalam Mappalili ini. Biasanya pendapat secara tradisional dan pendapat teknologi, kita padukan dengan baik sehingga semua hasilnya optimal," tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Barru, asisten dan staf ahli, kepala KUA, kepala desa, penyuluh pertanian, dan kelompok tani.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh