Kamis, 06 Oktober 2022 08:54

Pemprov Sulsel dan Pemprov DKI Jakarta Jalin Kerja Sama Terkait MRT

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (kanan), saat melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Balai Kota Pemprov DKI Jakarta, Rabu (5/10/2022).
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (kanan), saat melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Balai Kota Pemprov DKI Jakarta, Rabu (5/10/2022).

"Kita harap dengan hadirnya transportasi integrasi, transportasi massal modern akan memudahkan mobilisasi masyarakat. Apalagi ini akan mendukung integrasi kereta api Makassar - Parepare," kata Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

RAKYATU.COM, JAKARTA - Transportasi massal modern yang terintegrasi, Mass Rapid Transit (MRT), bakal dihadirkan di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Tahapannya diawali dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan Pemprov Sulsel tentang pengembangan potensi daerah dan peningkatan pelayanan publik.

Adapun ruang lingkup kesepakatan bersama ini, meliputi bidang transportasi dan perhubungan; ketahanan pangan; pariwisata dan ekonomi kreatif; dan peningkatan sumber daya manusia. Dalam bidang transportasi dan perhubungan, salah satunya MRT.

Baca Juga : Gubernur Andi Sudirman Serahkan Dana Hibah Rp975 Juta, Ketua PW DMI Sulsel Beri Apresiasi 

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada acara penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemprov DKI Jakarta dengan sembilan pemerintah daerah mitra di Balai Kota Pemprov DKI Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Rencana hadirnya MRT ini telah digodok Gubernur Sulsel, Sudirman, hampir setahun. Sebelumnya, pada Januari 2022 lalu, Sudirman telah menerima audiensi jajaran direksi PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. PT MRT Jakarta merupakan badan usaha milik daerah (BUMN) di bawah naungan Pemprov DKI Jakarta.

Sudirman mengaku kehadiran transportasi MRT diharapkan akan memperlancar mobilitas dan mengurangi kemacetan. "Alhamdulillah ini sudah setahun belakang menjadi fokus kita. Hari ini dilakukan penandatanganan MoU bersama Pemprov DKI Jakarta tentang pengembangan potensi daerah dan peningkatan pelayanan publik. Salah satunya di bidang transportasi dan perhubungan, di antaranya MRT," ujarnya.

Baca Juga : Bandara Arung Palakka Bone Kembali Beroperasi setalah 5 Tahun Vakum, Buka 3 Rute Penerbangan

Terlebih, saat ini tengah progres pembangunan jalur kereta api Kota Makassar - Kota Parepare oleh pemerintah pusat.

Sponsored by MGID

"Kita harap dengan hadirnya transportasi integrasi, transportasi massal modern akan memudahkan mobilisasi masyarakat. Apalagi ini akan mendukung integrasi kereta api Makassar - Parepare," ungkapnya.

Kehadiran MRT ini, kata dia, bisa membantu peningkatan pariwisata. "Dengan hadirnya transportasi yang modern dan nyaman diharapkan dapat mendongkrak sektor pariwisata dan perekonomian. Masyarakat kita juga saat ini sadar akan kebutuhan transportasi yang modern dan nyaman," ujarnya.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #Mass Rapid Transit #Anies Baswedan