Rabu, 05 Oktober 2022 09:44

Suporter Bayern Munchen Bentangkan Spanduk Soal Tragedi Kanjuruhan: Lebih dari 100 Orang Dibunuh Polisi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: Twitter @eurofootcom)
(Foto: Twitter @eurofootcom)

"Lebih dari 100 orang dibunuh oleh polisi. Kami akan selalu mengingat setiap nama yang terbunuh di Stadion Kanjuruhan," demikian tertulis di spanduk itu.

RAKYATKU.COM, MUNCHEN - Suporter tim raksasa Jerman, Bayern Munchen, membentangkan spanduk sebagai bentuk solidaritas atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Spanduk itu terlihat kala Bayern menjamu Viktoria Plzen pada laga lanjutan Grup C Liga Champions 2022/2023. Spanduk itu dibentangkan di salah satu sisi tribune Allianz Arena ketika peluit tanda dimulainya pertandingan dibunyikan, Rabu (5/10/2022) dini hari Wita.

"Lebih dari 100 orang dibunuh oleh polisi. Kami akan selalu mengingat setiap nama yang terbunuh di Stadion Kanjuruhan," demikian tertulis di spanduk itu.

Baca Juga : Bayern Muenchen Lolos Perempat Final Liga Champions, PSG Tersingkir

Spanduk itu mulai dibentangkan jelang pemain dari kedua tim melakukan one minute silence. Spanduk itu disinyalir sebagai bentuk protes atas aksi brutal yang dilakukan aparat kepolisian.

Pihak kepolisian diketahui menggunakan gas air mata--yang sesungguhnya dilarang oleh FIFA--saat membubarkan massa di Stadion Kanjuruhan.

Para pendukung yang hadir di laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10/2022) pun kesulitan bernapas. Akibatnya, mereka sempoyongan dan terinjak-injak suporter lainnya yang berusaha menyelamatkan diri.

Baca Juga : Hasil Liga Champions, PSG Dibekuk Bayern di Kandang Sendiri

Fata terakhir yang dirilis Posko Postmortem Crisis Center, Selasa (4/10/2022) pagi Wita, korban jiwa akibat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan bertambah. Totalnya ada 131 korban jiwa dan lebih dari 300 orang mengalami luka-luka.

Pada laga ini, Bayern menang atas wakil Ceko dengan skor 5-0. Gol dicetak Leroy Sane (7', 50'), Serge Gnabry (13'), Sadio Mane (21'), dan Maxim Choupo-Moting (59').

#bayern munchen #Tragedi Kanjuruhan #Liga Champions 2022/2023