Senin, 03 Oktober 2022 14:10

Kirab Pelajar dan Anti Mager Bakal Meriahkan HUT Ke-353 Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: Pemprov Sulsel)
(Foto: Pemprov Sulsel)

Kirab Pelajar Andalan akan mulai digelar 4-15 Oktober 2022, sedangkan Anti Mager akan digelar pada 16 Oktober 2022.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) akan menggelar Kirab Pelajar Andalan dan Anti Malas Gerak (Mager) memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Sulsel ke-353.

Kirab Pelajar Andalan dan Anti Mager akan mengangkat tema Sulsel Optimis, Sulsel Tangguh, Pelajar Unggul dengan moto Bersatu Merajut Persaudaraan Pelajar Andalan Untuk Sulsel Maju.

Kirab Pelajar Andalan ini berlandaskan filosofi delapan suku yang ada di Sulsel, di antaranya Bugis, Makassar, Toraja, Luwu, Mandar, dan Konjo. Beberapa dari suku-suku tersebut menyebar ke empat penjuru mata angin, yaitu timur, barat, utara, dan selatan.

Baca Juga : Sambut Kajati Baru Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Bangun Perkenalan Lewat Temu Silaturahmi

Kepala Disdik Sulsel, Setiawan Aswad, mengatakan Kirab Pelajar Andalan Sulsel merupakan hal yang penting untuk merajut kembali ikatan primordial yang mulai longgar akibat terjadi pergeseran nilai masyarakat Sulsel, khususnya anak bangsa pelajar andalan di Sulsel.

"Ini menjadi penting di tengah maraknya tawuran dan perundungan siswa serta kekerasan dalam dunia pendidikan. Sehingga, Disdik Sulsel melakukan suatu pendekatan cerdas. Ini juga merupakan terobosan positif dari Pemprov Sulsel karena event ini merupakan yang pertama di Indonesia," kata Setiawan, Senin (3/10/2022).

Terkait dengan Kirab Pelajar Andalan, Setiawan menjelaskan kegiatan tersebut akan mulai digelar 4-15 Oktober 2022, sedangkan Anti Mager akan digelar pada 16 Oktober 2022.

Baca Juga : Sinergi Basarnas dan Pemerintah Sulsel dalam Penanganan Bencana Semakin Kuat

"Pergerakan Kirab Pelajar Andalan sendiri, akan dimulai pada pukul 07.30 Wita hingga 11.00 Wita, lalu dilanjutkan pada pukul 15.30 Wita hingga 18.00 Wita, sedangkan Anti Mager dimulai pukul 05.30 Wita hingga selesai," jelasnya.

Ditambahkannya, Kirab Pelajar Andalan nantinya akan dibagi menjadi beberapa rute, antara lain Rute Andalan 1 (timur) yang meliputi Bone - Soppeng - Maros - Makassar, Rute Andalan 2 (utara) yang meliputi Luwu Timur - Luwu Utara - Palopo - Soppeng - Wajo - Sidrap - Parepare - Barru - Pangkep - Maros - Makassar, Rute Andalan 3 (barat) yang meliputi Torut - Toraja - Enrekang - Pinrang/Sidrap - Parepare - Barru - Pangkep - Maros - Makassar, serta Rute Andalan 4 (selatan) yang meliputi Sinjai - Selayar - Bulukumba - Jeneponto - Bantaeng - Takalar - Gowa - Makassar.

"Jadi, dari empat Rute Andalan tersebut, mereka akan tiba secara bersamaan pada tanggal 15 Oktober 2022 di Lapangan Karebosi Makassar. Setelahnya akan dilanjutkan dengan parade lampion untuk SMA, SMK, SLB, MA Negeri dan swasta di Kota Makassar, serta kegiatan malam refleksi pelajar andalan, yang diisi dengan pembacaan ikrar pelajar andalan Sulsel dan pemutaran film dokumenter Gubernur Andalan," bebernya.

Baca Juga : Konsulat Jenderal Filipina Temui Pj Gubernur Bahtiar, Perkuat Hubungan Bilateral

Sementara itu, pada kegiatan Anti Mager nantinya akan dilaksanakan jalan sehat, lomba yel-yel pelajar andalan serta lomba olahraga tradisional.

#Pemprov Sulsel #dinas pendidikan sulsel #HUT Ke-353 Sulsel