Sabtu, 01 Oktober 2022 09:21

Gempa 6,0 Magnitugo Guncang Tapanuli Utara, Terjadi 43 Gempa Susulan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 43 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar 5,1 dan magnitudo terkecil 2,5.

RAKYATKU.COM, TAPANULI UTARA - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,0 mengguncang Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu (1/10/2022), pukul 02.28.41 WIB.

Hasil analisis Balai Metrologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa memiliki parameter terbaru dengan magnitudo 5,8.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,11° LU ; 98,83° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km," kata Plt. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangannya.

Baca Juga : Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Garut

Hingga pukul 05.59 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 43 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar 5,1 dan magnitudo terkecil 2,5.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat adanya aktivitas sesar besar Sumatra segmen renun. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," ucapnya.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di Tarutung dengan skala intensitas VI MMI (Getaran dirasakan oleh semua penduduk dan mereka langsung lari keluar), wilayah Sipahutar dengan skala intensitas V MMI (Getaran dirasakan hampir semua penduduk membuat banyak orang terbangun ).

Baca Juga : Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Seram Bagian Timur

"Kemudian wilayah Singkil dengan skala intensitas IV MMI (pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Tapaktuan dan Gunung Sitoli dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

#gempa bumi #Tapanuli Utara #bmkg