Sabtu, 24 September 2022 14:07

Hadirkan Kelas Podcast di Makassar, Noice Rangkul Kreator Lokal untuk Berkarya di Konten Audio

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Hadirkan Kelas Podcast di Makassar, Noice Rangkul Kreator Lokal untuk Berkarya di Konten Audio

Kelas Podcast yang digagas oleh Noice merupakan bagian dari Noicemaker Academy, rangkaian program terintegrasi untuk memberikan edukasi seputar podcast dan konten audio kepada para konten kreator lokal di berbagai daerah, untuk mendukung mereka berkembang dan meraih sukses sebagai kreator konten audio.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -- Noice, platform konten audio streaming lokal, menghadirkan Kelas Podcast di kota Makassar - ruang edukasi gratis bagi para konten kreator pemula yang ingin belajar lebih mendalam untuk berkarya di industri konten audio, khususnya podcast.

Kelas Podcast di Makassar akan diadakan secara offline pada hari Sabtu (24/9/2022) pukul 14.00 - 16.00 Wita bertempat di Auditorium Ciputra School of Business / UC Makassar.

Acara ini merupakan lanjutan dari gelaran kegiatan serupa yang dilaksanakan secara online pada akhir Agustus lalu di Jakarta dan awal September lalu di kota Bandung.

Kelas Podcast yang digagas oleh Noice merupakan bagian dari Noicemaker Academy, rangkaian program terintegrasi untuk memberikan edukasi seputar podcast dan konten audio kepada para konten kreator lokal di berbagai daerah, untuk mendukung mereka berkembang dan meraih sukses sebagai kreator konten audio.

Rangkaian program ini dimulai dari Kelas Podcast, yang akan berlangsung di berbagai kota besar di tanah air dan akan ditutup dengan kompetisi podcast bagi para konten kreator dimana konten yang terbaik nantinya akan berkesempatan untuk menjalin kontrak eksklusif dengan Noice dan mendapat berbagai dukungan lainnya.

“Berkarya di medium audio terbilang jauh lebih sederhana dan tidak rumit, berbeda dengan visual yang cenderung lebih memperhatikan penampilan fisik serta membutuhkan peralatan yang lebih banyak," kata Thomas Raditya, VP of Content, Noice.

Selain itu kata Thomas, banyak pula kreator pemula yang masih bingung mau memulai darimana. Terkadang hal-hal seperti ini menjadi kendala yang dirasakan oleh para kreator daerah sehingga membatasi mereka untuk berkarya.

Sponsored by MGID

"Untuk itulah Noice hadir di Makassar kali ini, untuk memberikan dukungan dalam bentuk edukasi bagi para anak muda yang ingin berkarya di industri konten audio seperti memproduksi podcast, ataupun menjadi VO (voice over) talent untuk vertikal audiobook & audioseries yang ada di Noice, serta masih banyak lagi peluang lainnya yang dapat di-eksplorasi,” ujarnya.

Kelas Podcast Noice di Makassar akan mengangkat tema seputar cara membuat podcast ala Noice yang akan diisi oleh Arif Brata, podcaster Noice yang juga berasal dari kota Makassar, Thomas Raditya, VP of content, Noice dan Fajrin Sahaf, Noice Creator Program Lead.

Tidak hanya itu, acara ini juga akan membahas mengenai seluk beluk dunia podcast, cara memproduksi konten yang kreatif, hingga cara monetisasi konten.

Program Kelas Podcast Noice di Makassar berlangsung di Ciputra School of Business atau UC Makassar. Universitas ini menyediakan pembelajaran dengan 3 jalur sukses yaitu Start-Up Business, Family Business dan Professional Career sebagai salah satu pilihan untuk mempersiapkan diri terjun di dunia kerja.

Sejalan dengan Noice yang memberikan media bagi kreator-kreator audio tanah air untuk mempublikasi karyanya sehingga bisa di akses oleh semua orang, UC Makassar memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk langsung praktek melalui project-project selama perkuliahan berlangsung.

Kota Makassar termasuk ke dalam 5 kota dengan pendengar podcast terbanyak di Indonesia. Saat ini, tercatat hampir setengah juta pendengar Noice berasal dari Makassar dengan rentang usia 18-34 tahun yang merupakan kalangan gen-Z & millennials.

Hal ini tentunya menjadi alasan tersendiri mengapa podcast dan konten audio menjadi salah satu media yang cukup populer untuk mendapatkan inspirasi, hiburan sekaligus informasi di kota tersebut.

Beberapa podcast di Noice yang jadi favorit para pendengar di kota Makassar diantaranya adalah Trio Kurnia, Musuh Masyarakat, Hiduplah Indonesia Maya, Deddy Issues dan masih banyak lagi.

Arif Brata, Noicemaker - sebutan bagi para kreator yang menghadirkan konten di aplikasi Noice mengatakan sebagai platform lokal, Noice tidak tanggung-tanggung memberikan dukungan penuh bagi para kreator lokal untuk berani berkarya lewat konten audio, tidak hanya dukungan dari sisi produksi dan promosi, tetapi juga edukasi, lewat program-program seperti Kelas Podcast yang berlangsung di Makassar ini, hingga langkah monetisasi.

"Di Noice, saya berkesempatan untuk membawakan podcast lokal dengan logat Bugis-Makassar, berjudul Capila. Bagi para pendengar yang memang berasal dari Makassar, mendengarkan podcast Capila membuat mereka merasa sangat dekat atau relate dengan topik yang dibawakan, dan bahkan, mendengarkan obrolan kami membuat mereka merasa seperti pulang ke rumah, pulang ke Makassar,” kata Arif Brata.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar Noicemaker Academy, para kreator bisa mengunjungi akun Instagram @noicemaker.id. Selain itu, materi lengkap mengenai pembelajaran podcast dan beragam info seputar Noicemaker Academy juga dapat diakses dengan mudah melalui website: https://academy.Noice.id/.

Para kreator dari Makassar yang mengikuti Kelas Podcast juga dapat meng-upload konten mereka di Noice melalui link RSS di platform Noicemaker Studio: https://studio.noice.id/.

Setelah kontennya tersedia di Noice, para kreator secara resmi bergabung ke dalam ekosistem kreator Noice dan berkesempatan untuk mendapatkan beragam bentuk dukungan mulai dari keikutsertaan di event bulanan NOICE, dibimbing langsung oleh mentor andal untuk bisa mengembangkan kualitas konten mereka, hingga mendapatkan modul edukasi khusus seputar cara memproduksi podcast yang baik.

“Konten audio memiliki keistimewaan tersendiri hingga seringkali disebut sebagai theater of mind. Hanya dengan modal suara dan konten yang menarik, audiens akan memiliki interpretasi visual sendiri sesuai apa yang mereka dengar. Setelah mengikuti Kelas Podcast ini, kami harap para kreator di Makassar bisa lebih percaya diri untuk menampilkan karya podcast mereka melalui platform Noice dengan bekal yang telah mereka dapat langsung dari para podcaster kenamaan yang mengisi acara ini. Kedepannya kami ingin melihat lebih banyak lagi konten kreator dari Makassar untuk mulai berani bersuara lewat podcast dan bersama kami mengembangkan ekosistem konten audio lokal di Indonesia yang sangat potensial,” tutup Thomas Raditya, VP of Content, Noice.

#Noice #Kelas Podcast