Kamis, 22 September 2022 19:21

Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 BI Sulsel dan Lantamal VI Makassar 

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 BI Sulsel dan Lantamal VI Makassar 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia yang berada di wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) untuk mendapatkan uang layak edar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BI Sulsel) bersama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) meyelenggarakan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 pada tanggal 22 hingga 28 September 2022. Kegiatan semacam ini dilakukan secara berkelanjutan oleh BI Sulsel dan telah terlaksana sebanyak 7 (tujuh) kali sejak tahun 2016.

Pelepasan keberangkatan Kas Keliling ini dilepas langsung oleh Komandan Lantamal VI Makassar, Kolonel Marinir Amir Kasman di Dermaga Layang Mako Lantamal VI pada Kamis 22 September 2022.

Kas Keliling dilaksanakan dengan mengunjungi 6 (enam) pulau yang ada di Provinsi Sulawesi Sulawesi yaitu Pulau Sarrapo, Pulau Kapoposang, Pulau Bonerate, Pulau Jampea, Pulau Rajuni, Pulau Pasi Gusung mulai tanggal 22 sampai dengan 28 September 2022.

Baca Juga : Doakan Prajurit Marinir TNI AL yang Gugur di Nduga Papua, Lantamal VI Gelar Doa Bersama

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia yang berada di wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) untuk mendapatkan uang layak edar. Kegiatan ini sebagai bagian dari Perjanjian Kerja Sama antara Bank Indonesia dengan TNI AL mengenai Pendistribusian, Pengamanan, dan Pengawalan Uang Rupiah dari dan ke Bank Indonesia atau Perwakilan BI serta Wilayah Perbatasan, Terdepan, dan Terluar serta Terpencil di NKRI.

Komandan Lantamal VI, Kolonel Marinir Amir Kasman berharap kegiatan ini berjalan dengan aman, lancar dan optimal sesuai harapan bersama, sehingga dapat mensukseskan apa yang menjadi kebijakan pemerintah dalam meningkatkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan di seluruh wilayah Indonesia.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Causa Iman Karana menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan ini. Selain sebagai upaya untuk memastikan ketersediaan uang Rupiah yang layak edar di masyarakat, kegiatan ini juga sekaligus sebagai upaya mengedukasi masyarakat mengenai gerakan Cinta, Bangga, Paham Rupiah (CBP), di berbagai pulau - pulau yang berada di wilayah Sulawesi Selatan.

Baca Juga : TNI AL Teliti Lebih Lanjut Dua Benda Mirip Rudal yang Ditemukan di Selayar

Ia juga mengatakan, kegiatan akan diisi dengan layanan penukaran uang, sosialisasi/edukasi Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah, serta penyerahan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

Sponsored by MGID

Melalui Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022, BI Sulsel berharap kualitas uang Rupiah yang beredar di wilayah 3T dalam kondisi layak edar, jumlah nominal yang cukup, serta pecahan yang sesuai. BI Sulsel berharap agar masyarakat dapat semakin mencintai, bangga dan memahami Rupiah.

“Kehadiran Rupiah diseluruh pelosok negeri merupakan salah satu wujud nyata kontribusi Bank Indonesia dalam menjaga dan menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai ini,” sebutnya.

Baca Juga : Danlantamal VI Pastikan Dua Benda Ditemukan di Selayar Bukan Rudal

Usai mengelar acara pelepasan kas Keliling, Bank Indonesia dan Lantamal VI Makassar juga melaksanakan sosialisasi tentang “ cinta, bangga dan paham rupiah” kepada personel Mako Lantamal VI dan Ibu- Ibu Jalasenastri Korcab VI DJA II bertempat di gedung Sultan Hasanuddin Lantamal VI.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Staf Ahli Gubernur Sulsel bidang kesejahteraan Rakyat, Kepala Perwakilan BI Sulawesi Selatan, Pimpinan Bank BUMN wilayah Sulselbar, Paban IV Sopsal , Wadan Lantamal VI, Ketua Korcab VI DJA II, Pejabat Utama Lantamal VI, Danyonmarhanlan VI dan Komadan KRI Sampari – 628.

#Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan #Lantamal VI #Causa Iman Karana #Kolonel Marinir Amir Kasman