Sabtu, 10 September 2022 20:25

Semarak Pesta Adat Jene-Jene Sappara, Keturunan Karaeng Tarowang Gelar Lomba Rias Pengantin

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Semarak Pesta Adat Jene-Jene Sappara, Keturunan Karaeng Tarowang Gelar Lomba Rias Pengantin

Rias pengantin ini, masih pesta adat jene-jene Sappara.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO --Semarak lomba tata rias pengantin berlangsung di kantor Desa Tarowang, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Sabtu (10/9/2022).

Pesertanya dari luar daerah dari Kabupaten tetangga, Selayar, Bantaeng, Takalar dan Jeneponto sendiri. Hal tersebut di inisiasi oleh Keturunan Karaeng Tarowang (Keturunan Raja Tarowang).

Rias pengantin ini, masih rangkaian pesta adat jene-jene Sappara. Dan hasilnya akan ditampilkan pada acara malam, lalu dilakukan penilaian dari tim juri yang sudah ditunjuk oleh panitia pelaksana.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto Raih Predikat Cukup Informatif Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

"Acara ini masih rangkaian pesta adat jene-jene Sappara dan festival kemilau. Lomba tata rias pengantin," ujar Kordinator Umum Tata Rias Pengantin, Agussalim.

Kepala Desa Tarowang, Saharuddin Sila mengatakan lomba tata rias pengantin ini baru pertama kali dilaksanakan, pada acara pesta adat di Kecamatan Tarowang. Berharap kedepan lebih meriah lagi dan pesertanya bertambah.

"Kalau melihat dari bakat yang ada, saya selaku pemerintah akan memberikan anggaran melalui Dana Desa, nanti kita akan masukkan di Anggaran Pembangunan Belanja Desa (APBDes)," kata Saharuddin.

Baca Juga : DPRD Jeneponto Sahkan Ranperda APBD 2023

Namun kata dia, tetap akan melakukan evaluasi, siapa berbakat diantar peserta yang hadir. Maka kedepannya akan dicarikan anggaran khusus, untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sponsored by MGID

"Ini yang pertama kalinya dilaksanakan di Desa Tarowang," terangnya.

Diketahui, bahwa Juri yang menilai rias pengantin tersebut dari Salon Navega dan Ketua Penggerak PKK Desa Tarowang bersama dengan Salon dari Kelara.

Penulis : Samsul Lallo
#Jene-jene sappara #Pemkab Jeneponto #Rias pengantin