Sabtu, 10 September 2022 18:04

Jene-Jene Sappara, Dirangkaikan Pelantikan Dewan Adat dan Festival Kemilau Seni Budaya

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jene-Jene Sappara, Dirangkaikan Pelantikan Dewan Adat dan Festival Kemilau Seni Budaya

Puncak kegiatan pada 11 September 2022 akan berlangsung di Lapangan Lappa Eja di Desa Tarowang, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Puluhan pemangku adat akan hadir termasuk Sombayya ri Gowa.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO -- Festival Kemilau Seni Budaya Pesta Adat Je'ne-Je'ne Sappara dirangkaikan dengan Pelantikan Dewan Adat Karaeng Tarowang yang dimeriahkan dengan sejumlah benda pusaka kerajaan se Nusantara yang di Sulsel hingga dari Jawa.

Puncak kegiatan pada 11 September 2022 akan berlangsung di Lapangan Lappa Eja di Desa Tarowang, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Puluhan pemangku adat akan hadir termasuk Sombayya ri Gowa.

"Undangan yang disebar kurang lebih 300 dan akan dihadiri 37 Dewan Kerajaan dari berbagai daerah termasuk dari Jawa," ujar Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Suhardiman Karaeng Ngamba, Sabtu (10/9/2022)

Baca Juga : Pemkab Jeneponto Raih Predikat Cukup Informatif Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

Dia menambahkan, atas terlaksananya kegiatan ini, tidak terlepas atas dorongan dan pemikiran dari keturunan raja Tarowang Amdy Safri Karaeng Daming serta para pihak yang terlibat untuk menyukseskan pesta adat tersebut.

"Terima kasih Karaeng Daming, yang telah banyak membantu baik materi dan pemikiran serta pihak lain yang terlibat. Tanpa kalian semua acara tidak akan berjalan seperti yang kita lihat sekarang ini. Puncak kegiatan akan berlangsung pada 11 September," terangnya

Dijelaskan, bahwa pada pelaksanaan kegiatan banyak yang akan ditampilkan salah satunya pasukan berkuda yang akan menjemput benda pusaka di Rumah Adat Karaeng Tarowang, ada tombak, keris, badik dan lainnya. Lalu lanjut dengan sejumlah pertunjukan hiburan.

Baca Juga : DPRD Jeneponto Sahkan Ranperda APBD 2023

"Momen yang paling sakral pada pesta adat ini, saat pasukan berkuda, datang menjemput benda P

Sponsored by MGID

pusaka, itu berlangsung secara dramatis. Dan akan di saksikan oleh 37 Dewan kerjaan yang di Sulsel dan dari Jawa, serta masyarakat," sebutnya.

Pemerintah Kabupaten Jeneponto dalam hal ini Sekda, H Muhammad Arifin Nur pada acara Festival Kemilau Seni Budaya Pesta Adat Je'ne-Je'ne Sappara di Kecamatan Tarowang, sangat mengapresiasi.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto Teken MoU Dengan UIN Makassar dan Baznas

"Ini perlu diapresiasi, Festival Seni Budaya Pesta Adat, dapat mendorong Destinasi Wisata didaerah ini. Program pembangunan pariwisata kedepan diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Dia menyebut, bahwa Je'ne-Je'ne Sappara merupakan Kearifan Lokal yang dikemas dalam Seni Budaya yang perlu dikembangkan. Dan berharap agar kegiatan ini dapat disinergikan dengan program peningkatan Destinasi Pariwisata Pemkab Jeneponto.

"Saya melihatnya, masyarakat Kecamatan Tarowang terhibur dengan kegiatan festival tahun ini. Dan berbeda dengan pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya, iya, tahun ini lebih semarak dengan berbagai pertunjukan, salah satunya ada pameran benda pusaka dan lainnya," tambahnya.

Baca Juga : Peringati HKN ke 158, Pemkab Jeneponto Gelar Jalan Santai

Informasi yang di peroleh acara festival diperkirakan, pada puncak kegiatan akan ribuan masyarakat hadir, termasuk dengan pemangku Adat Kerajaan, Komunitas Budaya dan Seni dalam memeriahkan kegiatan tersebut.

Penulis : Samsul Lallo
#Jene-jene sappara #Pemkab Jeneponto