Kamis, 08 September 2022 02:01

Gubernur Andi Sudirman ke Wakil Bupati Selayar, Bagaimana Perkembangan Pembangunan Masjid Agung ?

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Andi Sudirman ke Wakil Bupati Selayar, Bagaimana Perkembangan Pembangunan Masjid Agung ?

"Alhamdulillah Pak Gub, besok peletakan batu pertama oleh Bapak Bupati mohon doanya," sebutnya

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menerima audiensi Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Saiful Arif di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Rabu 7 September 2022. Ia melaporkan dan mengkoordinasi terkait beberapa program yang dilaksanakan di Selayar serta kegiatan yang akan dilaksanakan.

Di antaranya, akan dimulainya pekerjaan pembangunan baru Masjid Agung Selayar, "Bagaimana dengan perkembangan pembangunan Masjid Agung Pak Saiful?," tanya Andi Sudirman Sulaiman.

Adapun peletakan batu pertamanya dilaksanakan di Kompleks Eks Plasa Marina besok, Kamis (8/9) oleh Bupati Selayar. Gubernur menyatakan dukungannya untuk pembangunan masjid ini demikian juga kepada masyarakat Selayar.

Baca Juga : PKK Sulsel Gelar Ramadan Festive 2024

"Alhamdulillah Pak Gub, besok peletakan batu pertama oleh Bapak Bupati mohon doanya," sebutnya.

Diketahui, untuk pembangunan masjid yang akan menjadi ikon di Tana Doang ini juga menggunakan anggaran dari bantuan keuangan (BK) Pemprov yang diterima Bupati Selayar Muhammad Basli Ali di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur, Rabu, 27 April 2022 lalu. Bantuan senilai Rp 11 miliar termasuk diperuntukan bagi penanganan stunting dan reservoir air bersih. 

Lanjutnya, awalnya masjid akan dibuat terapung, tapi karena berbagai faktor utamanya regulasi untuk lahan termasuk kepelabuhanan sehingga dibuat tidak terapung. "Tetapi tetap di lokasi itu hanya tidak akan menganggu wilayah yang menyulitkan pada perizinan dan lainnya. Tetap dipinggir pantai yang akan menjadi ikon baru di Selayar," jelasnya.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Bahtiar Ingin Perjalanan Arus Mudik di Sulsel Berjalan Lancar

Masjid ini berciri nuansa bahari dan religius dan diharapkan dapat selesai di tahun 2023 menyambut pelaksanaan tuan rumah pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan 2023.

Masjid yang berseberangan dengan lapangan Pemuda Benteng ini, rencananya akan disatukan menjadi satu kompleks dengan konsep Ini akan menjadi seperti alun-alun kota

"Masjid menyatu dengan lapangan. Kita akan atur secara religius misalnya UMKM pedagang kaki lima akan kita berikan ruang tetapi kita berikan regulasi pada saat waktu salat menghormati waktu salat," pungkas Saiful.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

Ia juga melaporkan terkait persiapan pelaksanaan 417 tahun Selayar pada November mendatang, kegiatan Dekranasda tingkat Sulsel dan Festival Takabonerate 2022.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #Masjid Agung #kabupaten selayar