Rabu, 07 September 2022 11:34

Presiden Jokowi Lantik Abdullah Azwar Anas Jadi Menpan-RB Hari Ini

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Abdullah Azwar Anas. (Foto: Detik/Ardian Fanani)
Abdullah Azwar Anas. (Foto: Detik/Ardian Fanani)

Abdullah Azwar Anas akan menggantikan posisi Tjahjo Kumolo. Tjahjo meninggal dunia pada 1 Juli 2022 karena komplikasi paru dan diabetes.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) hari ini, Rabu (7/9/2022).

Diberitakan CNN Indonesia, pelantikan akan dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta. Rangkaian acara dimulai sekitar pukul 14.30 Wita.

Azwar akan menggantikan posisi Tjahjo Kumolo. Tjahjo meninggal dunia pada 1 Juli 2022 karena komplikasi paru dan diabetes.

Baca Juga : PPPK Kini Berhak Dapatkan Kenaikan Gaji Berkala dan Istimewa

Sebelum dilantik menjadi Menpan-RB, Azwar menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Dia baru menduduki jabatan itu pada 13 Januari lalu.

Politikus PDIP itu mengawali karier politik pada 1997. Saat itu, Azwar menjabat Anggota MPR RI Fraksi Utusan Golongan.

Pada 2004, dia menjadi Anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia gagal melanjutkan karier di parlemen pada pemilu lima tahun kemudian.

Baca Juga : Empat Kementerian Cari Solusi untuk Guru Non-ASN

Azwar pun kembali ke kampung halamannya dan mengikuti Pilkada Banyuwangi. Ia terpilih sebagai Bupati Banyuwangi 2010-2015.

Dia melanjutkan kepemimpinan setelah terpilih kembali pada 2015. Di tengah-tengah masa jabatan, Azwar sempat mengikuti Pilgub Jawa Timur pada 2018, tetapi gagal.

Azwar kemudian bergabung dengan PDIP. Dia menjadi salah satu kader kebanggaan partai berlambang banteng itu.

Baca Juga : Kemenpan-RB Minta BKN Kaji Potensi Tingkat Kelulusan soal Passing Grade PPPK

Sumber: CNN Indonesia

#Abdullah Azwar Anas #KemenPAN-RB