Senin, 29 Agustus 2022 16:34

Heroik, Aksi Personel Damkar Makassar Selamatkan Balita dari Kepungan Api

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Personel Damkar Makassar bersama balita yang diselamatkan dalam kebakaran di kawasan Pasar Toddopuli, Kecamatan Panakkukang, Minggu dini hari (28/8/2022).
Personel Damkar Makassar bersama balita yang diselamatkan dalam kebakaran di kawasan Pasar Toddopuli, Kecamatan Panakkukang, Minggu dini hari (28/8/2022).

Sang balita yang berhasil diselamatkan terjebak di dalam kamar lantai dua bangunan saat kebakaran terjadi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Personel Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar berhasil menyelamatkan seorang balita dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di kawasan Pasar Toddopuli, Kecamatan Panakkukang, Minggu dini hari (28/8/2022).

Balita tersebut dievakuasi tim rescue Damkar Makassar usai menerima informasi dari sang ibu yang lebih dahulu menyelamatkan diri keluar rumah bersama anggota keluarga yang lain.

"Setelah anggota keluarga yang lain berada di luar bangunan, barulah si ibu bilang kalau masih ada anaknya di dalam (rumah). Tim kami langsung kembali masuk menerobos api," ungkap Kepala Dinas Damkar Makassar, Hasanuddin, Senin (29/8/2022).

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

"Anak ini berhasil diselamatkan yang ternyata terjebak di dalam kamar di lantai dua bangunan saat kebakaran terjadi," sambungnya.

Hasanuddin mengatakan, balita tersebut dalam kondisi baik tanpa luka sedikit pun. Meski begitu, balita tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

"Alhamdulillah anaknya tidak kenapa-kenapa, tapi tetap harus dibawa ke rumah sakit," ujarnya.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Hasanuddin mengatakan, personel Damkar Makassar dalam memadamkan api maupun menjalankan aksi penyelamatan, nyawalah yang menjadi taruhan.

"Tim kami terlatih, selain memadamkan api ada juga yang spesialis rescue," katanya.

Untuk proses evakuasi dan pemadaman, personel Damkar Makassar menerobos jendela lantai dua bangunan. Lantai satu sulit diakses karena menggunakan pintu terali pengaman ganda.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

Sekitar 10 menit berjibaku dengan api sebelum akhirnya berhasil dikuasai. Atas aksi sigap dan heroik Damkar Makassar tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

#pemkot makassar #Dinas Damkar Makassar #Kebakaran Makassar