Minggu, 21 Agustus 2022 13:04

Abadikan Nilai Budaya Leluhur, Bupati Suardi Saleh Hadiri Pesta Adat Mappadendang Warga Lalabata

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Abadikan Nilai Budaya Leluhur, Bupati Suardi Saleh Hadiri Pesta Adat Mappadendang Warga Lalabata

Ini merupakan tradisi masyarakat sebagai bentuk kesyukuran kepada pencipta atas panen raya yang diberikan. Kegiatan Mappadendang ini berlangsung di lapangan Lappabila, desa setempat

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh menghadiri kegiatan tahunan pesta adat Mappadendang warga Matajang, Desa Lalabata, Kecamatan Tanete Rilau, Sabtu malam (21/8/2022).

Ini merupakan tradisi masyarakat sebagai bentuk kesyukuran kepada pencipta atas panen raya yang diberikan. Kegiatan Mappadendang ini berlangsung di lapangan Lappabila, desa setempat.

Di pesta ada ini dipertunjukkan seni 'maludda' atau menumbuk lesung dengan alu (Alat pemukul dari balok kayu), dipadu dengan Tari Sere Api. Sebuah tarian di atas bara api tanpa alas kaki yang dilakukan oleh profesional. Pesta adat ini adalah warisan budaya leluhur.

Baca Juga : Bupati Barru Evaluasi Progres Pembangunan Satu Persatu OPD

Ratusan warga dari beberapa desa tetangga terlihat ikut berbaur di pesta adat Mappadendang. Itu dikarenakan adanya tradisi unik berburu Lemmang. Sebuah makanan tradisional dari Beras ketan yang di bakar dalam bambu.

Tiap kegiatan Mappadendang, semua rumah warga di Dusun Matajang terbuka untuk umum. Pengunjung akan disajikan Lemmang, hidangan Tuak manis (minuman pernentasi), hingga poteng (makanan terbuat dari ubi permentasi) yang menjadi makanan dan minuman khas. Masyarakat boleh menikmati sesuka hati.

 

Kepala Desa Lalabata, Herman Bin Tamrin bersyukur kegiatan seni budaya Mappadendang tahun ini bisa terlaksana. Ini bentuk syukur masyarakat atas nikmat panen melimpah.

Baca Juga : Peringatan Hari KORPRI dan Guru Nasional di Barru, Bupati Ingatkan Netralitas ASN

Bupati Barru, Suardi Saleh yang turut hadir dalam pesta adat ini menuturkan, menjadi kesyukuran bagi semua karena bisa berkumpul kembali dan bersilaturahmi sejak pandemi Covid-19. Situasi saat ini, kata dia, sudah berangsur pulih.

Sponsored by MGID

Situasi yang membaik ini, lanjut Bupati, tak terlepas dari kesadaran warga mematuhi protokol kesehatan dan ikut vaksin, sehingga memutus mata rantai Covid-19.

Bupati berterima kasih kepada Kepala Desa dan para tokoh petani di Desa lalabata, serta segenap warga setempat telah mempertahankan tradisi pesta panen ini. Selain sebagai wadah silaturahmi, pesta adat ini bentuk syukur atas panen kita yang melimpah.

Baca Juga : Bupati Barru Tuntut Panitia Pilkades Harus Kuasai Aturan

"Pemerintah Kabupaten Barru mengajak masyarakat untuk terus memaksimalkan pertanian kita," pesan penutup Suardi Saleh.

Tutur dadir dalam kegiatan ini di antaranya, Kadis Pertanian, Camat Tanete Rilau, Babhinkamtibmas Desa Lalabata, Babinsa Desa Lalabata, BPD Desa Lalabata, Ketua Tim TP PKK Kecamatan Tanete Rilau, Anggota Kelompok Tani, Tokoh Tani, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidik, Tokoh Pemuda, Mahasiswa KKN Tematik Unhas Makassar.

 

Penulis : Achmad Afandy
#Bupati Barru #suardi saleh #Pemda Barru #pesta adat