Senin, 15 Agustus 2022 18:38

Yayasan Taman Tunas Lantik Pengurus Pramuka Masa Bakti 2022/2024

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Yayasan Taman Tunas Lantik Pengurus Pramuka Masa Bakti 2022/2024

"Gerakan pramuka tidak hanya melatih menjadi seorang patriot tetapi bagaimana hubungan kita dengan Tuhan dan sesama manusia,"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Memperingati Hari Pramuka ke-61 tahun yang jatuh tanggal 14 Agustus 2022, Yayasan Taman Tunas menggelar upacara dan pelantikan pengurus pramuka Yayasan Taman Tunas masa bakti 2022-2024. Pelantikan dilakukan di lapangan upacara SMP Frater, Jalan Thamrin no. 2 Makassar, Minggu (14/8).

Kegiatan ini turut dihadir pengurus, pembina dan anggota gerakan Pramuka Yayasan Taman Tunas, Yayasan Paulus, Yayasan Joseph Yeemye dan Kapolsek Ujung Pandang.

Ketua Gerakan Pramuka Yayasan Taman Tunas, Fr. Saverius Raing mengatakan, bersamaan dengan Hari Pramuka ke-61 tahun mari kita bersama berpegang teguh pada norma dan nilai Pramuka, yang mana dari nilai-nilqi dan norma tersebut mengajarkan kepada kita semua bagaiaman hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa dan dengan sesama umat manusia.

Baca Juga : Elfrianto Terima Penghargaan Dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka

"Nilai-nilaii ini akan terus dipakai sebagai dasar walaupun dunia sekarang ini sangat berkembang utamanya dari segi teknologi, karena jika tetap nilai-nilai kehidupan ini tidak diterapkan akan membawa manusia pada kehancuran,_ katanya.

Sebelum melantik pengurus penggerak Pramuka yayasan Taman Tunas masa bakti 2022-2024, Saverius meminta pengurus baru untuk tidak hanya terlibat aktif dalam kegiatan kepramukaan, tetapi mengimplementasika nilai dan norma yang terkandung dalam Pramuka.

 

"Dengan terlibat aktif dalam gerakan pramuka kita akan menjadi pribadi yang tanggung, tidak mudah mengeluh. Kenapa gerakan pramuka tetap relevan dan dibutuhkan di segala jaman, karena gerakan pramuka sebagai panduan moral untuk membentuk karakter generasi muda, karena sesuai dengan ajaran agama dan budaya, dan sesuai dengan visi yayasan Taman Tunas menciptakan manusia berbudi pekerti luhur dan berwawasan ekologi," jelasnya.

Baca Juga : Lantik 110 Pejabat Pemkab Wajo, Amran Mahmud Ingatkan Jajaran Tingkatkan Pelayanan ke Masyarakat

Setelah dilantik, Ketua pengurus gerakan pramuka yayasan Taman Tunas, Herman menjelaskan sedikit sejarah masuknya pramuka ke Indonesia, bahwa mulai masuk tahun 1961 dan diketuai langsung oleh Presiden RI bapak Ir.Soekarno.

Sponsored by MGID

Selanjutnya Herman mengatakan Pramuka Indonesia dari tahun ke tahun tidak pernah mengalami perubahan utamanya nilai dan norma pramuka yang ditanamkan. Bagaimana nilai-nilai tersebut sebagai dasar manusia untuk bisa terus hidup berdampingan dengan sesama, Sebagai pengurus pramuka kegiatan ekstrakurikuler di yayasan taman Tunas menjadi prioritas dibanding ekstrakurikuler lainnya. Karena banyak nilai-nilai yang ada didalamnya mengajarkan hal-hal baik yang bisa sebagai pedoman dan pegangan buat adik-adik dimasa mendatang, bagaimana membangun hubungan kepada Tuhan dan sesama manusia, menjadi seorang yang mudah dipercaya, patriot dan berani, dan masih banyak lagi.

"Gerakan pramuka tidak hanya melatih menjadi seorang patriot tetapi bagaimana hubungan kita dengan Tuhan dan sesama Manusia," bebernya.

Baca Juga : Suardi Saleh Semangati Kegiatan Pramuka Kwartir Ranting Barru

Terakhir, Kapolres Ujungpandang yang juga selaku pembina, Ardy Yusuf memberikan apresiasi kepada para pengurus baru dan ketua yayasan Taman Tunas karena semangatnya, yang terus memelihara pramuka dan menjadikan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

"saya mengucapkan selamat kepada pengurus yang dilantik hari ini, semoga bisa menjalankan amanahnya dan bisa berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait," ucapnya.

Penulis : Lisa Emilda
#pelantikan #pramuka #Yayasan Taman Tunas