Sabtu, 13 Agustus 2022 15:38

Warga Antusias Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis oleh Pemprov Sulsel dan IKA Unhas

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Warga Antusias Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis oleh Pemprov Sulsel dan IKA Unhas

Selain bakti sosial ini, dilaksanakan pula jalan sehat Gerakan Sulsel Anti Mager di Lapangan Bakunge, Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre

RAKYATKU.COM, BONE - Masyarakat Bone senang dengan hadirnya layanan pemeriksaan kesehatan gratis oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bersama IKA Unhas.

Layanan kesehatan yang diberikan secara gratis tak hanya pemeriksaan dan konsultasi kesehatan namun juga diberikan obat-obatan.

Masyarakat yang memeriksa kesehatan pun dari berbagai lini, baik anak-anak, remaja, dewasa, lansia, bahkan juga ibu hamil.

Baca Juga : Dinas Kesehatan Sulsel Kirim Bantuan untuk Korban Tanah Longsor di Tana Toraja

Sejumlah layanan pemeriksaan kesehatan dalam baksos ini diantaranya pemeriksaan katarak, pemeriksaan celah bibir dan langit-langit, pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, refreshing kader untuk pencegahan stunting, sunat massal, pemeriksaan ibu hamil, deteksi dini kejiwaan, pemeriksaan postur, donor darah, bilik asi, pojok PAUD.

Salah seorang warga dari Desa Laccibung, Kecamatan Libureng, Samsia turut memeriksakan kesehatannya di bakti sosial ini.

"Saya bersama keluarga ke sini periksa kesehatan. Senang sekali, ada pemeriksaan kesehatan gratis. Terima kasih pak Gubernur dan IKA Unhas," katanya.

Baca Juga : Kunjungi Lokasi Banjir di Luwu, Pj Gubernur Sulsel Beri Bantuan Sembako ke Warga Terdampak

Senada itu diungkapkan oleh perempuan berusia 52 tahun ini mengaku, "Bagus sekali bakti sosialnya dari Pemerintah, serta dari alumni dan mahasiswa Unhas. Kami bisa cek kesehatan gratis," ungkap Haliya dari Desa Turuadae.

Tak hanya pemeriksaan kesehatan, masyarakat juga antusias melakukan donor darah.

Seperti dilakukan oleh salah seorang mahasiswa asal Kabupaten Bone bernama Wahyu. Pria berusia 18 tahun ini menuturkan, "baksosnya sangat bagus, menyentuh masyarakat. Alhamdulillah, diberi kesempatan untuk ikut berpartisipasi donor darah," katanya.

Baca Juga : Diinisiasi Pj Gubernur Sulsel, Penanaman Pohon Serentak Peringati Hari Bumi Banjir Dukungan

Diketahui, Baksos ini diselenggarakan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, IKA Unhas dan KKN Profesi Kesehatan Masyarakat Unhas.

Dalam mendukung kegiatan ini melibatkan 7 RS Pemprov Sulsel serta dari Fakultas Kedokteran Unhas.

Selain bakti sosial ini, dilaksanakan pula jalan sehat Gerakan Sulsel Anti Mager di Lapangan Bakunge, Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre, Sabtu, 13 Agustus 2022.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #gubernur sulsel #ika unhas